Honda

  • Berita Terkini

    Senin, 23 April 2018

    UMNU Kebumen Jalin Kerja Sama dengan 10 Perguruan Tinggi Taiwan

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Universitas Maarif Nadlatul Ulama (UMNU) Kebumen menjadi salah satu dari 30 Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) se Indonesia, yang turut serta menggelar MoU dengan Perguruan Tinggi di Negara Taiwan.

    Kegiatan itu dilaksanakan sekaligus dengan study banding dibawah Koordinasi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Acara dilaksanakan pada 11 hingga 18 April lalu.

    Di bawah pimpinan Ketua PBNU Bidang Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Dr KH Hanif Saga Gapur, rombongan rektor 30 PTNU menggelar MoU lebih dari 10 Perguruan Tinggi Taiwan baik negeri maupun swasta.

    Adapun beberapa Perguruan Tinggi di Taiwan itu yakni Asia University, College of Management, Chaoyang University of Technology, Lunghwa University of Scine and Technology dan Fo Guang University. Selain itu terdapat pula National University of Kaoshsiung, Taichung Veterans General  Hospital, Tungfang Desing University, Kaohsiung Cao Hung, Chia nan University of Pharmacy & Science dan lainnya. Rombongan 30 Rektor PTNU disambut baik sejumlah oleh rektor dan Menteri Kependidikan Taiwan dengan penuh kehangatan dan persahabatan.

    Rektor UMNU Kebumen Dr H Khomsin Ali Usman MPd menyampaikan, MoU dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk menjalin kerja sama dalam peningkatan kualitas akademik dan non akademik bagi kedua belah pihak. 

    Beberaoa hal yang tertuang dalam MoU yakni Prgram Studi doktoral atau S3 bagi para dosen. Pertukaran dosen mengajar, seminar, konfrensi, kajian dan penelitian ilmiah bagi para dosen dan mahasiswa.

    Pertukaran studi mahasiswa atau Student Exchange serta workshop bagi para dosen dan mahasiswa juga termaktub dalam MoU. “Selain itu kolaborasi pengabdian masyarakat, double degree atau dua gelar, Visit Scholer atau kujungan kampus, Aktifitas bidang lain seperti pendidikan, ekonomi dan sosial serta budaya serta publikasi karya ilmiah atau jurnal internasional juga menjadi bagian dari MoU,” tuturnya, Sabtu (21/4/2018).

    Menurut Dr H Khomsin Ali Usman MPd menyampaikan secara khusus, bentuk kerja sama  yang diperoleh dari kunjungan tersebut adalah segera dapat dilaksanakan program “Kuliah Sambil Kerja” di Taiwan. Peluang ini juga berlaku untuk para lulusan SLTA di Kebumen.

    Lulusan SMA, SMK termasuk bagi lulusan S1 Bahasa Indonesia yang berminat menjadi guru Bahasa Indonesia di Taiwan. “Ini merupakan peluang yang sangat baik dan menguntungkan. Dengan kuliah dan kerja hasilnya selain cukup untuk biaya kuliah juga dapat untuk dikirim ke rumah. Bagi yang berminat dapat menghubungi UMNU Kebumen termasuk dalam hal pengantar Bahasa Mandari,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top