• Berita Terkini

    Selasa, 17 April 2018

    Terkait Wabup, Yusuf: Partai Pengusung harus Kedepankan Integritas

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sejumlah nama sudah mulai dibicarakan untuk mengisi kursi wakil Bupati Kebumen. Presidium Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen Yusuf Murtiono mengatakan, siapapun yang duduk sebagai orang nomor dua di Kebumen haruslah figur yang berintegritas dan tidak terlibat dalam praktek korupsi.

    "Pakta integritas partai pengusung harus konkret. Itu artinya No Korupsi No Upeti Tidak Sebatas hanya Slogan semata, " kata Yusuf, kemarin (15/4/2018).

    Yusup meminta adanya penunjukkan Yazid Mahfudz sebagai Plt  Bupati Kebumen ditindaklanjuti semua partai pengusung untuk duduk bersama. Setelah itm partai pengusung yang terdiri atas PKB, Partai Gerindra, Demokrat dan PAN membangun pakta integritas yang konkret mengenai No Korupsi No Upeti. "Ini harus dirumuskan bersama dengan indikator kinerja yang terukur,"  kata Yusuf .

    Mengingat, kepemimpinan sebelumnya dinilai melenceng dari slogan yang digembar-gemborkan tersebut. Kondisi Kebumen juga sedang terpuruk saat ini pun dapat dijadikan introspeksi, refleksi, sekaligus evaluasi oleh lintas partai untuk berkoordinasi serta merumuskan langkah-langkah antisipasi.

    Dengan demikian, lanjut Yusuf, No Korupsi No Upeti tidak hanya sebatas slogan semata. Namun dapat diimplementasikan kepemimpinan selanjutnya. Yususf juga menyampaikan pentingnya mentalitas yang kuat serta membangun sistem yang terbuka.

    "Kita ketahui, Kebumen tingkat keterbukaan informasi pengadaan barang dan jasa tidak bagus. Kebumen juga belum punya layanan pengaduan publik yang terbangun dengan sistem yang baik," ucapnya.

    Seperti diberitakan, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad saat ini berstatus non aktif karena telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Agar proses pemerintahan tidak terganggu, Pemprov jawa Tengah telah menunjuk Wakil Bupati Yazid Mahfudz sebagai Plt Bupati hingga perkara hukum Yahya Fuad memiliki kekuatan hukum tetap.

    Memang masih harus menunggu apakah pengadilan nanti akan memutus bersalah Mohammad Yahya Fuad atau tidak. Namun dalam banyak kasus,sulit bagi seorang tersangka KPK lolos dari jeratan hukum. Bila itu terjadi, Yazid akan diangkat menjadi Bupati Kebumen Definitif. Dengan demikian, posisi wakil Bupati akan lowong.

    Adapun saat ini, sejumlah nama mulai disebut pantas menduduki posisi wakil bupati. Mereka antara lain, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kebumen, Zaini Miftah, Ketua Partai Gerinda Kebumen Agung Prabowo, Ketua Partai Demokrat Kebumen Joko Budisulistyanto, Ketua PAN Kebumen Bagus Setiawan dan Anggota DPRD Kebumen Jenu Arifiyadi SH

    Selain itu muncul juga nama-nama dari luar struktural meliputi, Ibnu Naser, Abduh Hisyam, Herwin Kunadi, Imam Satibi, Agus Hasan dan lain sebagainya. Salah satu Kader dari Partai Gerinda yakni Yarianto juga disebut-sebut dalam Bursa Calon Wakil Bupati Kebumen. (cah/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top