• Berita Terkini

    Rabu, 25 April 2018

    Siswa SMK/SMA di Kebumen Ikuti Lomba Geguritan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa Kebumen, menggelar lomba Baca Geguritan Tingkat SMA dan SMK. Selain untuk memperingati Hari Kartini, lomba geguritan juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis yang ke 17. Acara digelar di Aula STIE Putra Bangsa beberapa waktu lalu.

    Kegiatan yang diikuti oleh 16 peserta dimulai pukul 09.00 WIB. Mengawali kegiatan tersebut dilaksanakan Tari Ronce yang dibawakan oleh dua mahasiswi dari UKM Teater.  Acara dilanjutkan dengan sambutan menggunakan Bahasa Jawa dari Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan Sigit Wibawanto SE MM, yang juga membuka acara tersebut. Acara juga dihadiri oleh Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho SE MM. Wakil Ketua 2 Prihartini Budi Astuti SE MSi serta dosen dan karyawan. Uniknya pada acara tersebut para Dosen dan karyawan serta panitia mengenakan pakaian Adat Jawa.

    Penanggung Jawab kegiatan Desyi menyampaikan lomba baca geguritan diharapkan dapat meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya. Geguritan merupakan sebuah puisi atau sajak bebas yang ditulis dalam Bahasa Jawa. Kata Geguritan berasal dari kata Gurit yang berarti tulisan, kidung, tembang, tembung. Dalam Bahasa Kawi, kata gurit  berarti goresan, penulisan dan tembung yang disusun dengan sangat indah dan penuh makna. “Semoga lomba baca geguritan dapat berlanjut di tahun berikutnya dengan lebih baik lagi" imbuhnya.

    Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho SE MM menyampaikan lomba membaca geguritan merupakan agenda tahunan di Kampus STIE Putra Bangsa. Adapun peserta pada kesempatan ini diharuskan membacakan geguritan wajib “Lumunturing Budoyo” serta membawakan satu geguritan pilihan. Dalam lomba ini peserta wajib menggunakan pakaian adat Jawa Tengah. “Terdapat 3 juri lomba geguritan, yakni Wati Kusuma, Muhammad Ridho Muttaqin, Pekik Sat Siswonirmolo dari Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kebumen,” tuturnya.

    Kriteria penilaian pada lomba tersebut yakni vocal yang terdiri dari suara dan artikulasi, Ekspresi dan penghayatan, Penampilan dan Totalitas. Lomba geguritan dimenangkan oleh Sutia Ningsih siswa SMK N 1 Gombong sebagai Juara 1.  Alfian Dwi Saputra siswa SMK N 2 Kebumen sebagai juara 2 dan Prihatini Apriliani siswa SMK N 1 Karanganyar sebagai jauara 2. Para juara berhak membawa Tropy, Uang Pembinaan, dan Sertifikat. Khusus untuk Juara 1 dari SMK N 1 Gombong juga berhak membawa tambahan Trophy bergilir. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top