HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Jumat, 27 April 2018

    Satu Peserta Kerjakan UN di Rutan Kebumen

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Seorang pelajar SMP Negeri dari salah satu sekolah di Kecamatan Gombong terpaksa menjalani Ujian Nasional (UN) di Rutan Kebumen. Pelajar berinisial AB (15) tahun itu, ditahan oleh Pengadilan Negeri Kebumen atas kasus perkelahian. AB masuk Rutan Kebumen sejak 17 April lalu.

    Adapun kasus tersebut kini tengah dalam proses persidangan. UN dilaksanakan oleh AB di ruang Aula Rutan Kebumen selama empat hari yakni mulai Senin hingga Kamis (26/4/2018). Pengawas dari panitia UN dan pihak sekolah juga turut memantau AB dalam mengerjakan soal yang dilaksanakan secara manual.

    Kepala Rutan Kebumen (Karutan) Soetopo Barutu Amd IP SSos MS menyampaikan pihak rutan tidak akan mempersulit warga binaannya yang masih usia pelajar untuk mengerjakan UN. Pasalnya UN menjadi penentu hasil bagi siswa dalam mengikut proses belajar selama tiga tahun. “Kini tahanan yang masih berstatus pelajar itu tengah menyandang kasus. Kendati demikian sebisa mungkin harus tetap menjalankan UN,” tuturnya.

    Dijelaskannya, UN dilaksanakan selama empat hari, yang dimulai pukul 10.30 hingga 12.30 WIB. Setiap hari siswa hanya mengerjakan satu mata pelajaran. Senin mengerjakan soal Bahasa Indonesia, Selasa Matematika, Rabu Bahasa Inggris dan Kamis IPA. “Masing-masing mata pelajaran diberi waktu mengerjakan selama 120 menit,” jelasnya.

    Pelaksanaan UN di Rutan ternyata bukan kali pertama. Tahun sebelumnya juga terdapat satu pelajar yang terpaksa harus mengerjakan UN di Rutan. Pihaknya berharap adanya meski harus mengerjakan UN di luar sekolah, namun dapat berhasil dengan maksimal. “Kami berharap tahun mendatang tidak ada lagi hal seperti ini. Artinya tidak ada lagi siswa atau pelajar yang tersandung kasus hukum,” paparnya.

    Terlepas dari soal UN  Soetopo Barutu Amd IP SSos MS juga menyampaikan jika Rutan Kebumen telah menggelar serangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (Harbakpas) ke-54. Adapun beberapa kegiatan tersebut meliputi, Bhakti Sosial membersihkan tempat ibadah, donor darah yang diikuti petugas rutan, menggujungi panti asuhan dan apel upacara. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top