HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Jumat, 27 April 2018

    Peringati Hari Autis, ITMI Gelar Seminar

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Hingga kini peran dan komunikasi masyarakat terhadap kaum berkebutuhan khusus (difabel) masih sangat minim. Terlebih peran dalam minat dan bakat para disabilitas. Kondisi tersebut membuat miris Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kebumen.

    Menyikapi hal itu ITMI pun menggelar Seminar Regional. Kegiatan yang juga dilaksanakan guna memperingati Autis Sedunia itu mengusung tema “Perspektif Islam Terhadap Penyandang Disabilitas. Seminar dilaksanakan bekerja sama dengan Sentra Kegiatan Islam (SKI) PGSD FKIP UNS Kampus VI Kebumen, beberapa waktu lalu.

    Seminar menghadirkan empat orang pembicara yakni Sukarjana dari Dinas Sosial Kebumen, Pakar Keinklusian Dosen Universitas Sebelas Maret Drs Muh Chamdani MPd, Guru SLB ABC Putra Manunggal Gombong Budiono SSos I, Relawan ITMI, Dosen Universitas Sebelas Maret  Siti Fatimah MPd. Acara juga di meriahkan dengan penampilan group Netra Band yang anggotanya adalah penyandang Tunanetra.

    Dalam seminar yang diikuti oleh sekitar 160 peserta itu Ketua DPD ITMI Puas Budi Prabowo menyampaikan saat ini komunikasi masyarakat masih minim terhadap kaum disabilitas.  Terlebih untuk mengembangkan minat dan bakat kaum difabel.

    Kegiatan seminar dapat menjadi wadah bagi masyarakat luas dalam berdiskusi dan menerima ilmu khususnya tentang kedisabilitasan. “Harapannya, melalui kegiatan seminar ini, masyarakat tidak merasa ragu dan khawatir dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan para penyandang disabilitas. Hal yang melatarbelakani diadakannya seminar ini adalah karena masih minimnya peran masyarakat luas dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan kaum difabel,” paparnya didampingi Ketua Panitia Seminar Regional Isnanto Sunu Utomo.

    Acara seminar mendapat respon positif dari para peserta. Seminar juga merupakan kali pertama dilaksanakan PGSD yang berkaitan dengan penyandang disabilitas.
    Budiono SsosI dalam materinya menyampaikan tentang ayat – ayat Al – Qur’an serta Hadist yang membahas mengenai penyandang disabilitas serta hak – haknya. Pihaknya juga menceritakan pengalaman dan perjuangannya penyandang disabilitas yaitu Tunanetra. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top