• Berita Terkini

    Wednesday, April 4, 2018

    MTs N 1 Kebumen Gelar Kajian Kitab Kuning

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Islamic Boarding School (IBS) MTs Negeri 1 Kebumen menyelenggarkan kajian kitab kuning dan Pekan Bahasa. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 4 hingga  12 April mendatang, dan diikuti oleh 96 santriwan dan santriwati. Acara tersebut dilaksanakan dengan mengundang ustadz dari berbagai pesantren.

    Direktur IBS, M Kholiludin SAg MPd menjelaskan pihaknya mengundang ustadz dari Pesantren Riyadhatul ‘Uqul Nampudadi Klirong, Alumni Pesantren Al Huda Jetis Kutosari dan alumni Pesantren Nurul Ummah Yogyakarta. Adapun penguatan bahasa untuk percakapan dibantu oleh siswa MAN IC Serpong dan MAN PK Surakarta. “Kajian kitab kuning dan pekan bahasa bertujuan untuk meningkatakan kompetensi membaca, memahami kitab kuning sebagai geneologi keilmuan Islam,” tuturnya, Rabu (4/4/2018).

    Pekan bahasa, lanjut M Kholiludin,  meliputi peningkatan kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Ini mulai dari struktur bahasa sampai pada percakapan. Peningkatan kemampaun bahasa Arab penting sebagai salah satu basic dasar keilmuan Islam.

    Kitab kuning menjadi referensi keilmuan Islam klasik. Bahasa Arab juga merupakan salah satu bahasa komunikasi Internasional. “Peningkatan kemampuan Bahasa Inggris sangat penting disamping sebagai bahasa Internasional juga buku-buku sains dan ilmu pengetahuan era sekarang banyak menggunakan Bahasa Inggris,” katanya.

    Waka Kurikulum MTs Negeri 1 Kebumen Salim Wazdy SAg MPd membenarkan kegiatan tersebut. Pihaknya menyampaikan kajian kitab kuning dan pekan bahasa merupakan salah satu kegiatan untuk mewujudkan visi MTs Negeri 1 Kebumen yakni “Mewujudkan Insan yang Religius, Cerdas dan Terampil”.

    Kajian kitab kuning dan pekan bahasa tidak hanya meningkatan kemampuan pengetahuan (kognitif) keIslaman (religious) semata. “Selain itu juga memberikan pengamalan praktek ibadah ( psikomotor) dan pengalaman ibadah (religious experient)  yang sifatnya afektif, dimana santri belajar dan beribadah di Boarding selama 24 jam,” paparnya.

    Sementara itu Kepala MTs N 1 Kebumen Muhamad Siswanto MPdI memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan tersebut. Pihaknya berharap IBS MTs Negeri 1 Kebumen agar diarahkan untuk bisa menguasai kitab kuning ukuran madrasah  diniyah takmiliyah. IBS MTs N 1 Kebumen juga diharapkan dapat menciptakan para hafidz dan khafidzah yang mampu mengahafalkan Al Quran sesuai target. “Tadi laporan Direktur IBS sudah ada yang hafal tujuh juz Al Quran,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top