Honda

  • Berita Terkini

    Senin, 23 April 2018

    Gus Romi Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Banjarnegara

    BANJARNEGARA - Gempa bumi berkekuatan 4,4 SR yang melanda Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara turut memantik keprihatinan banyak pihak. Tak terkecuali bagi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy yang ikut menyalurkan bantuan kepada para korban gempa Banjarnegara.

    Kali ini bantuan yang diberikan berupa sembako, selimut, sarung, sajadah, mukena, bahan makanan, peralatan mandi dan sejumlah bantuan lainnya.

    Secara simbolis, bantuan dari Gus Romi, sapaan akrabnya, diserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Banjarnegara Indarto kepada staf BPBD Banjarnegara di Sekretariat Posko Bencana, Minggu (22/4/2018).

    Ikut mendampingi sejumlah pengurus dan relawan DPC PPP Banjarnegara serta asisten pribadi HM Romahurmuziy, Amin Nuryadi. Amin menuturkan, bantuan dari Gus Romi tersebut murni atas nama kemanusiaan tanpa tendesi apapun.

    "Gus Romi ikut merasakan kesedihan dan duka para korban gempa. Karenanya begitu mendengar ada gempa, beliau langsung tergerak untuk memberikan bantuan yang diharapkan bisa membantu meringankan duka para korban gempa," bebernya disela-sela acara penyerahan bantuan.

    Menurut Amin, bantuan ini merupakan bantuan tahap pertama. Bantuan selanjutnya akan segera menyusul dalam waktu dekat. Tak sekedar menyalurkan bantuan, Gus Romi juga memerintahkan relawan PPP untuk turun tangan untuk membantu korban gempa. Termasuk mendirikan posko di Desa Kertosari Kecamatan Kalibening.

    Kemarin, relawan PPP juga ikut membaur bersama warga dan relawan lain menurunkan bantuan dari Presiden RI Joko Widodo yang rencananya akan datang ke Banjarnegara siang ini (23/4). 

    Sementara itu, kerugian materiil akibat gempa Kalibening pada Rabu (18/4) lalu mencapai puluhan miliar Rupiah. Angka kerugian akibat bencana besar. Sebab jumlah rumah penduduk yang mengalami kerusakan mencapai ratusan unit. Belum lagi kerusakan pada gedung sekolah, masjid dan fasilitas umum lainnya.
    Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan akibat gempa bumi di Kalibening, ada 230 unit rumah penduduk yang mengalami kerusakan.

    Sedangkan nominal kerugian mencapai puluhan miliar rupiah. “Berdasarkan laporan dari DPUPR, saat ini kerugian akibat gempa bumi ditaksir mencapai 70 miliar,” paparnya. Kerusakan masih bisa bertambah.

    Sebab masih ada kemungkinan terjadi gempa susulan. Misalnya pada Sabtu (21/4) malam, gempa susulan berkekuatan 3,4 Skala Ritcher menghancurkan sedikitnya delapan rumah warga. Sedangkan enam orang mengalami luka-luka atau pingsan.

    Sedangkan kebutuhan logistik bagi pengungsi, menurutnya mencukupi. Selain dari berbagai pihak, Presiden Jokowi juga membagikan paket bantuan untuk para pengungsi. "Kebutuhan logistik untuk beberapa bulan ke depan in sya Allah tercukupi. Dukungan dari kementrian sosial, BNPB, BPBD  dan bantuan masyarakat dinilai cukup untuk memenuhi logistik sebelum menempati hunian tetap,” kata Budhi. (drn/*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top