• Berita Terkini

    Wednesday, April 11, 2018

    1.637 Siswa SD/MI Ikut Tryout di MTsN 1 Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Sebanyak 1.637 siswa SD/MI mengikuti try out yang dilaksanakan oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTs N 1 ) Kebumen, beberapa waktu lalu. Try out dilaksanakan guna menyongsong Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2017/2018.

    Bukan hanya dari Kebumen saja, try out kali ini juga diikuti oleh para sisiwa dari Kabupaten Bayumas, Cilacap, Purbalingga, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo hingga Magelang. Saking banyaknya peserta pelaksanaan try out menggunakan 39 ruang di MTs Negeri 1 dan sembilan ruang di MTs An Nawawi Kebumen.

    Ketua Panitia Drs Muktamat  MSi menyampaikan try out dimulai pukul 07.00 WIB. Setelah pembukaan para  siswa   acara dilanjutkan dengan mengerjakan soal. Adapun beberapa mata pelajaran yang diselengarakan yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. “Setelah selesai mengerjakan soal, dilanjutkan dengan pembahasan, dengan demikian para siswa akan paham dengan materi soal yang diberikan,” katanya.

    Waka Kurikulum MTs N 1 Kebumen Salim Wazdy SAg MPd menjelaskan Tryout SD/MI di MTs N 1 Kebumen telah diselenggarakan sejak 11 tahun tepatnya 2007.  Try out dilaksanakan guna membantu siswa-siswi SD/MI dalam mempersiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Karena soal-soal Tryout disusun berdasarkan kisi-kisi USBN SD/MI. “Penyusun soal adalah guru SD/MI yang profesioanl dan terbiasa menyusun soal-soal Olimpiade. Tryout SD/MI bisa menjadi pemanasan para siswa SD/MI menyongsong USBN,” paparnya.

    Siswa yang mendapat nilai tertinggi pertama, kedua dan ketiga mendapatkan uang pembinaan dari Bank BRI Kebumen. Peringkat 1 sampai 30 bisa diterima di program reguler dengan tambahan bahan seragam. Sedangkan peringkat 31 – 60 diterima diprogram reguler jika mendaftar di MTs Negeri 1 Kebumen.

    Setelah diumumkan, diketahui peringkat 1 diraih Royatul Hanai Al Mudawamah dari MIN 4 Muktisari Kebumen. Peringkat 2 diraih oleh Muhammad Novan Bagus Saputra dari SDN 1 Kutosari  dan peringkat 3 dicapai oleh Naufal Aidan Brilliant juga dari SDN 1 Kutosari.

    Sementara itu Kepala MTs N 1 Kebumen Muhamad Siswanto MPdI menyambut baik kegiatan Try out. MTs N 1 Kebumen memiliki dua program unggulan yakni Full Day School (FDS) yang dioreintasikan meningkatkan prestasi akademik dan Islamic  Boarding School (IBS) yang diarahkan untuk penguatan karakter Religious. Saat ini MTs N 1 Kebumen menempati peringkat 1 Jawa Tengah untuk MTs Negeri dan Swasta. “MTs N 1 Kebumen berharap putra-putri terbaik di Jawa Tengah Siswa yang mendapat nilai tertinggi pertama, kedua dan ketiga akan mendapatkan uang pembinaan bisa bergabung di MTs kami, dan bagi yang diluar kota kami sediakan Boarding,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top