• Berita Terkini

    Thursday, March 22, 2018

    Tingkatkan Skill, Polres Kebumen Gelar Lomba Olah TKP

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) menjadi bagian penting dalam proses penyelidikan dan penyidikan perkara. Olah TKP yang cermat dan teliti bisa menjadi kunci pengungkapan sebuah kasus kriminal.

    Terkait itulah Polres Kebumen menggelar Lomba Olah TKP selama tiga hari, sejak Rabu (21/3/2018) sampai dengan Jum’at (23/3/2018). Lomba diikuti anggota Unit Reskrim dan SPK T se-Polres Kebumen dengan mengambil tempat di Polsek Karanganyar, Kebumen dan Prembun.

    Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kabag Ops AKBP Suyatno menjelaskan, lomba digelar untuk meningkatkan kemampuan para personilnya, terutama dalam hal penanganan olah TKP.

    AKBP Suyatno menekankan pentingnya kecepatan dalam mendatangi TKP, utamanya untuk tetap menjaga status quo (keutuhan) TKP. “Karena bila terlalu lama, dikhawatirkan TKP akan ‘rusak’. Dan akhirnya akan sulit untuk mencari alat bukti tentang tindak pidana yang terjadi,” ucapnya.

    Ketua panitia lomba yang juga Kasatreskrim Polres Kebumen AKP Aji Darmawan menuturkan, materi lomba antara lain meliputi pengorganisasian Tim Olah TKP yang terdiri dari KSPKT, Anggota Jaga Polsek dan Tim Olah TKP dari Unit Reskrim masing-masing Polsek.

    "Kemudian tahapan-tahapan atau penatalaksanaan Standart Operating Procedure (SOP) mulai dari saat mendatangai TKP, pelaksanaan Olah TKP dan konsolidasi setelah selesai pelaksanaan Olah TKP," bebernya.

    Lebih lanjut AKP Aji Darmawan menuturkan, nantinya pemenang Lomba akan mendapatkan Piala dan Piagam Penghargaan dari Kapolres Kebumen yang akan diserahkan pada Upacara Hari Bhayangkara tanggal 1 Juli 2018 mendatang. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top