• Berita Terkini

    Friday, March 23, 2018

    Siswa Spemuda Kebumen Kembali Beraksi di Negeri Jiran

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Untuk melatih siswa agar mampu berinteraksi dan mempunyai wawasan luas, SMP Muhammadiyah 2 (Spemuda) Kebumen, kembali melaksanakan kegiatan Stundent Exchange (SE) ke Malaysia. Kegiatan EduTour pelajar ke  Negeri  Jiran tersebut dilaksanakan pada pertengahan Bulan Maret 2018 selama 4 hari.

    Jalinan kerja sama sekolah antar bangsa dalam wadah kegiatan student exchange kali ini, diikuti oleh delapan  siswa serta tiga  guru pendamping, termasuk di dalamnya kepala sekolah.

    Adapun siswa yang mengikuti kegiatan itu adalah kelas tujuh sampai dengan kelas sembilan.  Perwakilan siswa kelas tujuh yakni satu orang, selain itu terdapat pula enam siswa kelas delapan dan satu siswa kelas sembilan. Kedatangan rombongan pelajar Spemuda disambut sangat antusias, meriah, dan penuh dengan suasana keakraban oleh civitas akademika Sekolah Menengah Kebangsaan SERI PAGI (SE) Seremban, Malaysia.

    “Student Exchange yang diselenggarakan oleh sekolah yang memiliki visi disiplin, Islami, kompetitif, dan berwawasan lingkungan tersebut, bertujuan untuk menimba ilmu dan memperluas wawasan siswa terhadap dunia pendidikan yang semakin maju dan kompleks,” tutur Kepala Spemuda Imam Romzan Fauzi SthI.

    Pihaknya menyampaikan kegiatan ini juga dijadikan sebagai sarana untuk membekali serta menumbuhkan kedisiplinan, tanggung jawab dan kemandirian para siswa. Semua itu hal itu sangat penting sebagai modal dasar bagi siswa dalam hidup bermasyarakat nantinya.

    “Ini juga untuk membangun pondasi karakter sosial siswa. Melalui kegiatan ini, siswa dilatih untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan para siswa Sekolah Menengah Kebangsaan SERI PAGI Seremban Malaysia,” paparnya.

    Dijelaskan pula, kegiatan SE juga bertujuan untuk lebih mengenalkan budaya Indonesia pada level internasional. Hal ini ditunjukkan oleh para siswa Spemuda yang menampilkan Tari Cipat-Cipit asal Banyumas.

    Sementara itu, kepada seluruh siswa Sekolah Menengah Kebangsaan SERI PAGI dan dewan guru, Ketua Rombongan EduTour Aji Wicaksono SPd mengatakan kegiatan SE ini merupakan kali kedua. Ini merupakan sarana bagi sekolah untuk menggodog siswa pada sikap toleransi dan gotong royong.

    Di samping itu, dalam kegiatan belajar bersama dalam kelas, siswa juga dibekali materi untuk meningkatkan mutu pendidikannya. “Dengan demikian maka dapat melahirkan generasi Indonesia yang semakin tanggap terhadap perubahan dan kemajuan pendidikan di dunia luar,” paparnya

    Adanya kegiatan EduTour, juga menjadi hal yang menyenangkan bagi para siswa. Bagi  Lusti Fista salah satu siswa peserta SE tahun ini, EduTour pada Student Exchange merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan karena dapat mengenal lebih jelas sosial dan budaya dari berbagai negara. “Kami juga dipandu untuk mengunjungi dan menikmati  berbagai objek wisata yang sangat menarik di Negeri Jiran itu. Hal yang tak kalah pentingnya dalam kegiatan ini, kami ikut dalam pembelajaran di kelas berbaur dengan siswa SERI PAGI sehingga menambah pengalaman pembelajaran dan dapat menjadi motivasi tersendiri bagi kami,” ucapnya. (by/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top