• Berita Terkini

    Friday, March 30, 2018

    Puting Beliung, 17 Rumah di Temanggung Rusak

    Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres
    TEMANGGUNG – 17 rumah di Kecamatan Kedu rusak akibat tersapu angin puting beliung Jumat (30/3/2018) petang kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut hanya saja kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

    Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung Gito Walngadi mengatakan, sebagian besar rumah mengalami kerusakan pada bagian atap, kerusakan sendiri mulai dari rusak ringan hingga rusak berat.

    “Ada 17 rumah yang rusak, jika yang rusaknya parah. Pemilik rumah untuk sementara harus mengungsi ke tempa sanak keluarganya dulu. Menunggu perbaikan,” katanya Jumat kemarin.

    Ia menyebutkan, ke 7 rumah tersebut berada di lima Desa di Kecamatan Kedu, yakni, Desa Potrokasan 03/01 Desa Kedu Kecamatan Kedu, Desa Bringinsari 04/01 Desa Kedu Kecamatan Kedu, Desa Kauman 02/01 Desa Kedu Kecamatan Kedu, Desa Carikan 07 /01 Desa Kedu Kecamatan Kedu dan Desa Potrogalan 06/01 Desa Kedu Kecamatan Kedu

    “Kebetulan ke lima desa ini lokasinya saling berdekatan,” katanya.

    Ia mengatakan, berdasarkan keterangan dari warga, kelima rumah tersebut rusak karena angin puting beliung yang terjadi di kelima desa itu pada Jumat petang, sekitar pukul  15.00 WIB, terjadi hujan yang sangat lebat disertai dengan angin yang sangat kencang.

    “Dari pagi hingga siang, cuaca sangat cerah sekali. Memasuki sore mendung mulai terlihat dan langsung terjadi hujan disertai angin kencang,” jelasnya.

    Menurutnya, angin tersebut berhembus dari arah selatan menuju ke utara, gumpalan awan hitam ikut bersama dengan hembusan angin tersebut.

    “Beruntung tidak ada warga yang menjadi korban dalam kejadian ini,” ucapnya.

    Ia mengatakan, usai kejadian perangkat desa langsung melaporkan kejadian ini ke BPBD, kemudain petugas gabungan dari BPBD, TNI dan Polri langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian.

    “Kami bersama relawan dan masyarakat sudah berupaya untuk membantu memperbaiki kerusakan rumah. perbaikan akan dilanjutkan pada Sabtu (hari ini_red),” terangnya.

    Ia menghimbau agar masyarakat lebiih meningkatkan kewaspadaan, sebab cuaca hingga awal April mendatang masih belum berubah.



    "Jangan sampai lengah, jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang sebaiknya langsung mengamankan diri. Mengungsi ke tempat yang lebih aman," pesannya.(Set)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top