Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Rabu, 07 Maret 2018

    Puluhan Rumah di Wonosobo Rusak Diterjang Puting Beliung

    agus/wonosoboekspres
    WONOSOBO- Angin puting beliung disertai hujan deras petir mengakibatkan puluhan rumah dan fasilitas  umum di dua kecamatan rusak. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi ditaksir  mencapai ratusan juta rupiah.

    “Ada puluhan rumah rusak akibat  angin puting beliung di sertai hujan deras di Kecamatan Watumalang dan Leksono, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, ” ungkap Sekretaris  BPBD Wonosobo  Sumarno kemarin.

    Menurutnya,  dari informasi yang disampaikan oleh tim pos aju bencana alam kecamatan watumalang dan leksono, rumah yang mengalami kerusakan terdapat di Desa Kuripan Watumalang, dan Desa Manggis Kecamatan Leksono.  Dipastikan tidak ada korban jiwa maupun korban terluka.

    “Sebagain besar kerusakan terletak pada atap rumah, baik itu seng maupun atap genteng, tim bencal sudah terjun melakukan proses pentauan kondisi kerusakan dan juga assasment,” terangnya.

    Disebutkan, angin puting beliung terjadi pada pukul 13.30 WIB bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Rumah yang rusak di desa kuripan kecamatan watumalang  mencapai 23 rumah satu diantaranya rusak berat, sedangkan di  desa manggis kecamatan leksono sebanyak 12 rumah rusak ringan san satu rumah rusak berat.

    “Rumah yang rusak tidak hanya karena terkena angin, tapi juga tertimpa pohon besar yang roboh,” imbuhnya.

    Bahkan dirinya menyebutkan, hampir semua pohon yang berada di pinggir jalan desa kuripan dan juga desa manggis leksono roboh. Hal itu menunjukkan bahwa angin puting beliung yang menimpa dua kecamatan tersebut sangat besar.

    “Kalau melihat kondisi di lapangan dan laporan dari tim relawan bencana alam kondisinya memang sangat kacau, banyak pohon besar tumbang di pinggir jalan,” katanya.

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wonosobo bersama pos aju di wilayah setempat telah melakukan pendataan dan juga koodinasi dengan pemerintah kecamatan  dan pihak-pihak terkait. Hal itu untuk mempercepat penyampian infromasiapabila ada perubahan pada status akan segera di-laporkan. (gus)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top