• Berita Terkini

    Sabtu, 31 Maret 2018

    Pokdakan Bonorowo Tolak Bantuan Pemerintah

    fotoistimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) -  Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) Kecamatan Bonorowo, Kabupaten Kebumen, menolak bantuan pakan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP).  Ini dilakukan karena mereka menilai bantuan tersebut memiliki kualitas yang rendah.

    Tak tanggung-tanggung, bantuan pakan tersebut mencapai 3,5 ton

    Ketua Forum Petani Pembudi Daya Ikan Kecamatan Bonorowo, Wibisono Susanto dalam pers realease yang diterima koran ini, mengatakan, bantuan yang mereka tolak ditujukan kepada Pokdakan Minasari Desa Tlogorejo, Kecamatan Bonorowo.  Penolakan ini terpaksa mereka lakukan karena kualitasnya yang tidak layak.

    "Bantuan ini seharusnya didistribusikan ke kelompok pada bulan November 2017. Namun dropping pakan baru dilakukan ke kelompok minggu lalu (Maret). sebelum pakan dibongkar dari truk, dilakukan uji pakan yaitu pengambilan sampel pakan, kemudian diberikan kepada ikan yang ada di kolam budi daya. Setelah ditunggu beberapa waktu, ternyata ikan tidak mau makan pakan tersebut," ujar Wibisono, kemarin (30/3/2018).

    Wibisono mengatakan, bantuan tersebut juga bukan untuk jenis ikan lele. Tak hanya itu, KKP menurut Wibisono, tidak memperhitungkan perbandingan pakan yang didistribusikan. "Dari hal tersebut jelas dapat terpantau indikasi-indikasi penyalagunaan anggaran ketika mengacu dengan kontrak yang ada," ujarnya.

    Indikasi kecerobohan lain yang ditemukan, kata Wibi, tidak adanya sinergitas antara KKP dengan Dinas Kelautan Perikanan Kebumen. Hal seperti itu menurut dia harus disikapi dengan serius.

    "Transparansi dana anggaran untuk masyarakat atau kelompokkelompok pembudi daya harus bisa dipertanggungjawabkan dan tepat sasaran. Sehingga bantuan-bantuan yang masuk benar-benar bisa bermanfaat untuk pembudi daya," harapnya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top