HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Rabu, 07 Maret 2018

    Pemkab Kebumen Bakal Bangun Rumah Mbah Samini, Juga Berikan Bantuan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Cerita Mbah Samini (65), warga Desa Jatiroto Kecamatan Buayan yang tinggal di rumah reot dan mencari nafkah dengan menjual daun jati, ternyata sudah sampai di telinga Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz. Wabup telah memerintahkan agar pemugaran rumah Samini tetap dilanjutkan melalui program RTLH.

    Selain itu, Pemkab bakal memberikan bantuan kambing agar bisa menjadi sumber nafkah tambahan. Mbah Samini juga bakal mendapat perlindungan kesehatan melalui program BPJS.

    Wabup mengatakan, Mbah Samini sebenarnya saat ini sudah masuk program PKH. Bahkan, yang bersangkutan sudah direncanakan akan masuk program RTLH terkait rumahnya yang tak layak huni tersebut. Hanya, dalam prosesnya ditemui masalah, yakni Sumini ternyata masih memiliki suami dan KK. "Dari laporan yang saya terima, Mbah

    Samini ini hidup memisahkan diri karena diusir oleh anak tiri dari suaminya. Beliau juga masih punya anak kandung yang saat ini tinggal di Jakarta," kata Wabup, Selasa (6/3/2018).

    Baca juga:
    (Cerita Mbah Samini, Jualan Daun Jati Demi Bertahan Hidup)

    Saat diberi bantuan kambing pun, Samini sempat menolak dengan alasan tak mau repot. Dia malah memilih tetap berjualan daun jati untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apapun itu, Yazid Mahfudz sependapat, Samini tetap harus dibantu. "Bantuan kambing tetap akan diberikan. Biar nanti Kades setempat yang mengurusnya. Nantinya, bantuan ini akan dipantau agar benar-benar bisa bermanfaat. Selain itu, Beliau juga akan dibantu lewat PKH dan BPJS kesehatan," ujar Wabup.

    Seperti diberitakan, Samini terpaksa tinggal di rumah reot dan memilih berjualan daun jati untuk mencari nafkah. Sebelumnya, Samini mengaku belum tersentuh bantuan pemerintah. Nasibnya itu lantas mengundang simpati sejumlah kalangan.  Salah satunya, tokoh masyarakat Gombong, Peter Sidharta yang berinisiatif membantu memperbaiki rumah Samini dengan dana pribadi. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top