• Berita Terkini

    Friday, March 30, 2018

    Mahasiswa Polda Kebumen Dibekali Pendidikan Karakter

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Saat ini pendidikan karakter tengah digalakkan pada setiap satuan pendidikan. Untuk itu penting mengetahui sumber-sumber dari pendidikan karakter itu sendiri. Menurut Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Karakter Bangsa ( FKMPKB ) Kabupaten Kebumen Drs H Sugiarto MM  terdapat tiga sumber pendidikan karakter yakni agama, budaya dan filosofi.

    Hal tersebut disampaikan saat menjadi nara sumber Pendidikan Karakter yang dilaksanakan oleh Kampus Politeknik Dharma Patria (Polda) Kebumen. Kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu itu diikuti oleh mahasiswa dari unsur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Taruna.

    Dalam pemaparannya Sugiarto menyampaikan terdapat 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter yakni religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis dan rasa ingin tahu. Selain itu terdapat pula semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai dan gemar membaca. “Terdapat pula peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab,” tuturnya.

    Adapun ruang lingkup pendidikan karakter, lanjut Sugiarto meliputi, olah pikir, olah hati, olah raga dan olah rasa. Olah hati meliputi beriman dan bertaqwa, jujur amanah, sedangkan olah rasa meliputi ramah siling menghormati dan peduli. “Semua harus dilaksanakan agar menjadi kebiasaan. Setelah menjadi kebiasaan munculah karakter,” paparnya.

    Sementara itu Wakil Direktur Politeknik Bidang Akademik Dra Sotya Partiwi E MM, menyampaikan kegiatan dimaksudkan memberikan wawasan pembentukan karakter bagi Generasi Muda. Selain dibekali ilmu pengetahuan dalam program studi, di kampus mahasiswa melaksanakan beberapa kegiatan softskill seperti keterampilan, bakat dan minat.

    Ini dilaksanakan melalui kegiatan  Seni Budaya, Olahraga ,  Keterampilan berorganisasi, kepemimpinan  dan pembinaan spiritual / Rohis. “Adapun program studinya antara lain Akuntansi meliputi Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Perkantoran, Elektro meliputi Teknik Elektro dan Informatika Komputer (TEK) dan Teknik Elektro dan Rekam Medis Kesehatan, Teknik Mesin Otomotif (TOM), serta bagi yang ingin melanjutkan D4/S1 Politeknik Dharma Patria membuka jurusan Komputerisasi Akuntansi (KAT) dan Sistem Informasi (SI),” jelasnya.

    Masih kata Sotya, Mahasiswa Polda juga diberi kesempatan mengikuti beberapa kegiatan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) antara lain Seni Musik, Basketball, Futsal, KSR dan Mapala serta rencana pembentukan marching band. “Harapan dari Lembaga ini adalah lulusan Politeknik Dharma Patria memiliki kompetensi yang  sesuai program study yang dipelajari , terampil dan berkepribadian luhur,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top