• Berita Terkini

    Kamis, 15 Maret 2018

    Lebih Dekat dengan Ketum DPP PPP M Romahurmuziy

    Pemetik Bass dan Dosen Fisika, Pilih Terjun di Dunia Politik

    Selain dikenal sebagai politikus, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy ternyata memiliki hobi bermain musik. Saat SMA dia membentuk grup band Bhinneka Svara IX yang berisikan teman-temannya di SMAN 1 Jogjakarta yang lulus tahun 1993. Seperti apa?

    -------------
    AJIE MAHENDRA
    -----------------
    ROMMY–sapaan akrabnya– bercerita, di SMAN 1 Jogja, setiap angkatan diwajibkan menggunakan nama band official Bhineka Svara. "Dan saya angkatan ke-9. Karena personel ini formasi baru, setelah terpisah 20 tahun lebih, maka kami namakan Bhinneka Svara IX Reunion," terangnya.

    Dijelaskan, band yang yang digawangi empat personel itu bubar ketika lulus sekolah. "Ketika kuliah, tercerai berai. Tapi rasanya tidak bubar karena kami kumpul lagi pas ada reuni SMA," ucapnya ketika berkunjung ke Semarang, beberapa waktu lalu.

    Ketika kali pertama reuni SMA, Band Bhinneka Svara seolah lahir lagi. Dan hingga saat ini, band itu tetap eskis dengan latihan musik bareng setiap dua pekan sekali. Rommy boleh dibilang jago mencubit bass. Begitu lihai memainkan tembang-tembang tahun 1990-an macam Jogjakarta, Tomat (Tobat Maksiat), hingga nomor-nomor kidz zaman now seperti Akad-nya Payung Teduh. "Saya memang pemain band sejak SMA dulu. Saya pegang bass," katanya.

    Rommy mengaku, meski sudah jadi pimpinan tertinggi partai dan menjadi orang sibuk, dia tetap ogah meninggalkan musik. Baginya, ada banyak manfaat dari main musik. Bukan hanya merelaksasi diri, juga menghibur orang lain. Juga untuk menyeimbangkan otak kanan dan kiri, agar tidak hanya berkutat di bidang politik, tetapi ada olah rasa dan seni. "Manfaat musik itu menyatukan. Karena musik itu bahasa universal dan bisa dinikmati oleh siapapun," ucapnya.

    Ditambahkannya, bermusik mampu membuat dirinya lebih ringan dalam menghadapi berbagai masalah. "Membuat kita lebih rileks dalam menghadapi persoalan sehingga tidak ada beban yang dirasa berat," paparnya.

    Dalam pandangannnya, musik bisa mempersatukan semua pihak. "Musik itu bahasa universal dan dia tidak mengenal agama, tidak mengenal suku dan bisa dinikmati siapapun," ungkapnya.

    Tak hanya hobi dan latihan band saja, Rommy cs juga membuka tanggapan manggung untuk acara-acara akbar. Akhir tahun lalu, grup bandnya diundang untuk pentas di acara Lustrum XII SMA 1 Jogjakarta di Jogja Expo Center (JEC), Jogjakarta. Dalam rangkaian peringatan Hari Lahir ke-45 Partai Persatuan Pembangunan se-Indonesia, ia juga tampil bersama bandnya di hadapan belasan ribu massa di halaman kantor DPRD Sumsel, Palembang, dan Lapangan Tegalega, Bandung.

    Seperti ketahui, Rommy adalah salah satu siswa terbaik SMAN 1 Jogjakarta yang pernah meraih prestasi sebagai Siswa Teladan tingkat Nasional pada 1992. Lulus SMA pada 1993, dia menamatkan Sarjana Teknik Fisika dan Magister Teknik Industri di ITB, Bandung. Semasa SMA, dia pernah menjabat sebagai Ketua OSIS dan semasa mahasiswa menjadi Ketua Lembaga Kemahasiswaan Masjid Salman, ITB.

    Pernah tercatat sebagai dosen Teknik Fisika, UGM, Jogjakarta. Namun, sejak 2009, ia terpilih sebagai anggota DPR RI dan saat ini menjadi anggota Komisi Ekonomi dan Keuangan DPR sembari menekuni bisnis. (*/ida)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top