HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Rabu, 14 Maret 2018

    Banyak Ikan Mati Diracun, Kades Kaliputih Geram

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Tumpukan ikan yang mati di Sungai Tolang menghebohkan warga Desa Kaliputih, Kecamatan Kutowinangun. Belakangan diketahui, penyebab kematian ikan ini karena diracun.

    Kejadian ini sontak membuat Kepala Desa Kaliputih,  Kecamatan Kutowinangun, Ngadiman geram. Dia berjanji bakal menindak tegas dan memberikan sanksi bagi pelaku yang meracun ikan di sungai Tolang Kutowinangun.

    "Kami menduga pelaku bukan orang Kaliputih, karna kita sudah ada larangangan untuk tidak menangkap ikan dengan racun, melihat kejadian ini kami kaget dan akan tindak tegas," katanya, kemarin.

    Wajar bila Kades geram. Di wilayah tersebut, sudah memberlakukan larangan untuk menangkap ikan dengan setrum apalagi racun. Namun pada Selasa malam (6/3/2018) lalu, tumpukan ikan mati mengapung di Sungai Tolang. Dari hasil penelitian Pemdes Kaiputih dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kebumen, diketahui ikan-ikan tersebut mati karena diracun.

    Ngadiman berharap kejadian tersebut tidak tetulang kembali, pihaknya akan melakukan patroli ronda malam untuk mengantisipasi tindak peracunan ikan. "Akan kita perketat pemgontrolan ronda malam, apa bila ada yang menangkap ikan dengan setrum atau protas akan kita tindak tegas dan buru pelakunya," ungkapnya.

    Sungai tolang yang berhulu di Desa Jatipurus Kecamatan Poncowarno tersebut melintasi beberapa desa yakni Desa Pesalakan, Kaliputih, Kewarisan,Tanjungsari, Tanjungmeru, hingga Kecamatan Buluspesantren. "Untuk lokasi ditemukannya bangkai ikan itu sudah perbatasan Desa Kaliputih dengan Desa Kuarisan," imbuhnya.(Saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top