Honda

  • Berita Terkini

    Kamis, 08 Maret 2018

    Babinsa Dilatih Gunakan Teknologi Informasi dan Pengetahuan Budaya

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 150 Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0709/Kebumen mengikuti bimbingan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial Tahun 2018 . Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Makodim 0709/Kebumen,  Rabu (7/3/2018).

    Turut hadir dalam bimbingan tersebut Kasdim 0709/Kebuman oleh Mayor Inf Djumantar, Pasi Intel Kodim 0709 Kebumen Arh Kholiludin dan seluruh Danramil jajaran Kodim 0709 Kebumen.

    Kegiatan bimbingan dilaksanakan untuk mempertajam pertahanan dari sisi teknologi dan informasi. Adapun meteri yang disampaikan dalam kesempatan tersebut yakni Perkembangan teknologi dan informasi oleh Moch Nasir  SH MEng dari Dinas Kominfo dan adat istiadat dan budaya masyarakat di wilayah binaanya oleh Aminah SPd dari Disparbud.

    Selain itu terdapat pula materi teretorial dengan narasumber Kapten Inf Suwarno, Lima Kemampuan Teritorial yang dibawakan oleh Kapten Inf Nuraharkanca dan metode Binter dengan narasumber Kapten Inf Arif Ganifah dari Kodim 0709/Kebumen.

    Dandim 0709 Kebumen, Letkol Kav Suep SIP dalam sambutannya melalui Kepala Staf Kodim 0709 Kebumen Mayor Inf Jumantar mengemukakan kegiatan bertemakan pembinanan Babinsa tentunya sudah sering kali dilaksanakan. Kendati demikian hal itu sangat penting untuk terus kembali dilaksanakan untuk mengingatkan kembali kepada anggota semua. Hal ini  supaya tidak lupa dengan aturan dalam pembinaan di wilayah masing-masing. “Saya sampaikan khusus juga buat Babinsa ini harus di laksanakan dengan serius demi kelancaran dinas sehari-hari,” tegasnya.

    Dijelaskanya, Babinsa adalah adalah salah satu kekuatan Komando Daerah Militer (Kodam) yang dinaungi secara berturut-turut oleh Komando Rayon Militer (Koramil). Babinsa juga dinaungi oleh Komando Distrik Militer (Kodim) dan Komando Resort Militer (Korem).

    Babinsa juga merupakan unsur pelaksanaan Koramil yang dalam salah satu tuganya yakni melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah desa atau kelurahan.  Pada era saat ini kemampuan Babinsa akan sangat menentukan dalam pembinaan teritorial.  Untuk itu dalam menjalankan tugasnya Babinsa harus selalu berkoordiasi dengan aparat terkait dan juga tokoh serta masyarakat. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top