• Berita Terkini

    Saturday, February 3, 2018

    Puting Beliung Terjang Buluspesantren dan Klirong, 21 Rumah Rusak

    BPBDKEBUMENFOREKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Hujan disertai angin kencang menyapu kawasan Selatan Kabupaten Kebumen, Sabtu (3/2/2018) sekitar pukul 14.30 WIB. Tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini, namun sedikitnya 21 rumah yang tersebar di dua kecamatan, dilaporkan mengalami kerusakan.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Drs Muhyidin menyampaikan, rumah rusak tersebut didapati di dua kecamatan. Masing-masing Kecamatan Buluspesantren dan Klirong.


    "Dari laporan Tim URC yang masuk Pusdaplop, sedikitnya 21 rumah rusak ditimpa pohon tumbang akibat terjangan angin kencang disertai hujan tadi siang. Laporan yang kami terima, rumah itu berada di Kecamatan Buluspesantren dan Klirong," ujar Muhyidin didampingi BakoHumas, Heri Purwoto, Sabtu malam.

    Heri merinci, 13 rumah mengalami kerusakan di Desa Ayamputih Kecamatan Buluspesantren. Sedangkan  8 lainnya di Desa Pandanlor, Kecamatan Klirong. Dua wilayah ini berdampingan dan hanya dipisahkan Sungai Lukulo yang sekaligus batas wilayah kecamatan Buluspesantren dan Klirong.

    "Selain itu di daerah Tanggulangin angin kencang merusak pekarangan dan lahan pertanian," imbuh Heri Purwoto.

    Menindaklanjuti kejadian tersebut, BPBD Kebumen bersama dinas instansi terkait telah mengirimkan bantuan logistik untuk kerjabakti warga penanganan bencana angin.

    "Pusdalops BPBD Kebumen juga berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta memberi himbauan kepada warga agar peduli dengan lingkungan khususnya pohon yang rimbun dan tinggi disekitar rumah untuk ditebang mengurangi resiko bencana," imbuh Heri. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top