Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Jumat, 23 Februari 2018

    Puluhan ODGJ di Jalananan Terjaring Razia Pol PP

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Satpol PP Kebumen menggelar razia terhadap gelandangan, orang terlantar serta orang gila atau Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Razia gabungan Satpol PP, Polres Kebumen dan Dinas Sosial PPKB Kebumenitu yang digelar pada Rabu (21/2/2018) itu berhasil menjaring 33 gelandangan, orang terlantar dan orang dengan gangguan jiwa.

    Mereka yang diamankan dalam kondisi kotor kemudian dimandikan. Rambut yang gondrong langsung dicukur sehingga  mereka terlihat bersih dan dikumpulkan di Poli Jiwa Puskesmas Pejagoan Kebumen.

    Kasi Penanggulangan Ketertiban Umum Satpol PP Kebumenm, Wrin Andoko, mengatakan 33 orang terjaring dalam razia di sejumlah lokasi seperti Kota Kebumen, Kutowinangun, Prembun, Karanganyar dan Gombong.

    Dengan rincian, 8 orang gangguan jiwa (psikotik), 23 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan dua sisanya anak jalanan. Mereka yang terjaring razia tidak hanya berasal dari Kebumen tetapi juga dari wilayah kabupaten tetangga seperti Banyumas, Ciamis, Wonosobo, Temanggung.

    "PGOT yang diamankan selanjutnya dilakukan assessment. Setelah dibersihkan seperti pemangkasan rambut dan mandi, mereka akan memperoleh assessment Napza maupun psikotik," ujar Wrin Andoko.

    Kepala UPTD Puskesmas Pejagoan, Agus Sapariyanto, mengatakan penanganan lebih  lanjut terhadap yang bukan ODGJ diserahkan ke Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kebumen. "Ada dua orang yang perlu perawatan di rumah sakit  pemerintah karena menderita anemia. Selebihnya menderita gondok," kata Agus Sapariyanto.

    Puskesmas Pejagoan juga menyerahkan teknis rujukan ke Dinas Sosial PPKB, karena dinas itu yang menangani masalah masalah sosial. Usai dilakukan assessment penyandang masalah psikotik akan dirawat di shelter dan tempat rehabilitasi Puskesmas Pejagoan ataupun dirujuk ke RSJ Magelang. Sementara bagi PMKS sendiri akan ditempatkan di rumah singgah Dosaraso Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top