Honda GTR

  • Berita Terkini

    Selasa, 20 Februari 2018

    PNS di Lingkungan Puskesmas Ikuti KMD

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Untuk kali pertama, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kebumen menggelar Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) dengan peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kali ini KMD dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kebumen.

    KMD dilaksanakan kali ini, diikuti oleh 65 peserta yang berasal dari 35 Puskesmas di Kebumen. Pelatihan dilaksanakan selama lima hari yakno 19-23 Februari mendatang. Adapun pelatihan dilaksanakan di Rumah Makan Candisari Karangayar.

    Kegiatan KMD dibuka oleh Waka Bina Wasa Kwarcab Kebumen Ir Gunadi. Acara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Rini Kristiani, Senin (19/2/2018).

    Dalam kesempatan tersebut, Ir Gunadi menyambut baik adanya KMD yang dilaksanakan dengan OPD. Pihaknya berharap kegiatan tersebut, tidak berhenti hanya sampai pada Dinas Kesehatan saja, melainkan juga diikuti oleh dinas lainnya. Adanya kerja sama dengan Dinas Kesehatan sebagai awal dari pembentukan Saka Bhakti Husada. “Kami berharap di setiap Puskesmas terdapat Saka Bhakti Husada. Hal itu dilaksanakan bekerja sama dengan masing-masing Kwarnan yakni gerakan pramuka di tingkat kecamatan,” tuturnya.

    Sekretaris Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Indrakila Kwarcab Kebumen Musbikhin SPdI menyampaikan, saat mengikuti KMD, peserta akan mendapatkan banyak materi mulai dari teori kepramukaan hingga implementasi kepramukaan di Saka Bhakti Husada. “Selama lima hari peserta akan mendapat banyak materi. Kegiatan pramuka dilaksanakan dengan menyenangkan,” paparnya.

    Selain materi kepramukaan, lanjut Musbikhin, para peserta juga mendapatkan meteri enam 6 Krida. Adapun krida tersebut meliputi Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Pengendalian Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat dan Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Semua akan dibahas dalam pelatihan,” katanya.

    Dijelaskannya, Pramuka merupakan organisasi yang telah teruji dalam meningkatkan dan menerapkan pendidikan karakter. Untuk itu dengan adanya Saka Bhakti Husada, diharapkan akan tercipta manusia sehat secara jasmani yakni dengan menjalankan pola hidup sehat. “Selain sehat secara jasmani, juga sehat secara rohani yakni mempunyai karakter yang baik,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top