• Berita Terkini

    Sabtu, 24 Februari 2018

    Peringati HPN, Pantai Suwuk Diresiki

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Persoalan sampah yang selalu mengotori Pantai Suwuk menjadi perhatian serius kalangan wartawan di Kebumen, Jumat (23/2/2018) pagi. Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) Kabupaten Kebumen menggandeng sejumlah pihak melakukan aksi bersih-bersih sampah di salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Kebumen itu.

    Kegiatan bakti sosial dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 itu melibatkan Bagian Humas Setda Kebumen, Muspika Kecamatan Puring, SMK Negeri 1 Puring, Dinas Perkim LH, BPBD Kebumen dan relawan lainnya.

    Ikut langsung dalam aksi tersebut Camat Puring, Farid Ma'ruf, Kapolsek Puring AKP Khadik Widayat, Danramil Puring Kapten Inf Nuraharkanca. Serta sejumlah wartawan dari media cetak, elektronik maupun online.

    Ketua Panitia HPN 2018 Kabupaten Kebumen, Bagus Sukmawan, mengatakan kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya di obyek wisata Pantai Suwuk.

    "Masalah sampah yang selalu dihadapi Pantai Suwuk, merupakan masalah yang berkepanjangan terjadi. Apalagi setelah libur panjang. Oleh karena itu kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kami, para insan pers di Kebumen," tegasnya.

    Bagus Sukmawan menyayangkan, kurang sadarnya para pengunjung yang berbondong-bondong datang membuang dan meninggalkan sampah sembarangan. Mirisnya lagi,sebagian besar sampah yang ditinggalkan adalah sampah anorganik berupa plastik. Lebih jauh, dia menangatakan, kurangnya kesadaran masyarakat serta minimnya fasilitas kebersihan menjadi tantangan berat bagi pengelola dan Pemkab Kebumen.

    Sementara itu, Camat Puring, Farid Ma'ruf, menambahkan kegiatan bersih sampah di tempat wisata sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pengunjung. Selain memeberikan kesan pantai yang bersih, juga berimplikasi pada antusias pengunjung wisata yang dapat meningkatkan pendapatan.

    "Saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena mengikutsertakan para pelajar di dalamnya. Kita berharap ini dapat menjadi pemicu masyarakat lain untuk menjaga lingkungan terlebih di tempat-tempat umum,” ungkapnya di sela kegiatan," ujarnya.

    Selain itu, rombongan juga memasang stiker tentang larangan membuang sampah sembarangan dan peringatan larangan mandi di laut. Stiker tersebut ditempel pada dinding-dinding warung di Pantai Suwuk.

    Berbagai kegiatan digelar untuk memperingati HPN 2018 di Kebumen. Dimulai dengan ziarah ke sejumlah makam wartawan yang telah terlebih dulu meninggal dunia. Selain itu, juga digelar sarasehan dengan tema mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pengembangan desa wisata di Kabupaten Kebumen. Kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan kepada penghuni Rumah Singgah Dosaraso, aksi bersih-bersih Pantai Suwuk dan Jalan Arungbinang Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top