BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Senin, 26 Februari 2018

    Narasumber Belanda Berbagi Ilmu dengan Anggota Orari Kebumen

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Organisasi Radio Amatir (Orari) Lokal Kebumen, Minggu(25/2018), menggelar pelatihan radio HF di Aula Gedung PMI Kebumen. Menariknya, acara ini menghadirkan narasumber asal Belanda, Martin Essenberd.

    Ketua ORARI Lokal Kebumen Halim Dhani YB2TJV menjelaskan, pelatihan digelar bersamaan dengan agenda rutin pertemuan Tri Wulanan Anggota radio amatir. Total ada 90 peserta. Mereka mendapatkan tiga materi dalam kegiatan tersebut yakni pengenalan Logging Software Contest dan Online Log, Kupasan SOP dan Band Plan Amatir Radio dan Pengenalan Komunikasi Digital System D-Star, C4FM dan DMR.

    "Pelatihan ini baru pertama kali dilaksanakan di Jawa Tengah. Kita mengundang narasumber dari lokal kebumen yakni  Nurkhalim YC2FAJ, Puryanto YC2KMZ dan narasumber dari Belanda Martin Essenberd dengan call sign PA3FRI," katanya.

    Halim Dhani berharap dengan pelatihan dan workshop tersebut dapat menjadi motivasi bagi para anggota radio amatir di Kebumen untuk terus mengembangkan ketrampilan menggunakan radio seiring dengan perkembangan zaman.

    Martin Essenberd PA3FRI menjelaskan materi yang ia sampaikan merupakan sebuah inovasi baru di lingkup amatir radio yakni dengan perkembangan perpaduan radio Handy Talky dengan komputerisasi yang terhubung dengan jaringan internet Communication Digital System D-Star, C4FM dan DMR.

    Dalam program tersebut merupakan sebuah terobosan cara berkomunikasi radio untuk jangkauan komunikasi di seluruh dunia. "Program Communication Digital System D-Star ini membutuhkan perangkat komputer atau laptop yang dihubungkan dengan jaringan internet dan antena handy talky (HT) difrekuansi high yang jaringanya bisa dijangkau diseluruh dunia," kata Martin dengan bahasa Inggris didampingi Halim Dhani.

    "Selain untuk meningkatkan kapasitas para anggota amatir lokal kebumen, harapan kami para anggota, lebih mengenal dan bisa berkomunikasi menyampaikan informasi dengan digital radio melalui teknologi komputer serta menambah wawasan," ungkapnya.

    Ketua panitia rapat pertemuan Tri Wulan Orari Kebumen, Danar Sugiarto YD2NBD, mengatakan kegiatan tersebur digelar untuk mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan olah Orari lokal kebumen selama tiga bulan terakhir. "Dalam rapat kali ini untuk merefleksikan kegiatan orari yang telah dilaksanakan sebagai landasan program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Orari lokal Kebumen di tiga bulan mendatang," katanya. (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top