• Berita Terkini

    Thursday, February 1, 2018

    MAN 1 Kebumen Gelar Pertukaran Tutor Bahasa Inggris

    IMAM/EKPSRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Madrasah Aliyah Negeri 1 (MANSa) Kebumen mempunyai cara tersendiri untuk meningkatkan kreatif dan kemampuan siswa dalam hal berbahasa Inggris. Selain menyelenggarakan ekstra kulikuler Bahasa Inggris MANSa juga melaksanakan kegiatan pertukaran tutor antar sekolah.

    Kali ini kegiatan pertukaran tutor Bahasa Inggris dilaksanakan dengan menerima kunjungan dari tutor SMAN 1 Pejagoan (Smanja) Kebumen, Kamis (1/2/2018).

    Kepala MAN 1 Kebumen H Mahmudin SPd MAg menyampaikan demi meningkatkan kreatifitas para siswa dalam barbahasa Inggris telah dibentuk kegiatan ekstra kulikuler “English Study Club (ESC MANSa) Kebumen. “Dengan demikian diharapkan kemampuan Bahasa Inggris para siswa akan semakin terasah dengan baik,” tuturnya, didampingi Pembina ESC Dra Elly Samodriati.

    Dijelaskannya Dalam kegiatan rutin pembimbing utama para siswa adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Para guru tersebut dibantu oleh siswa tutor sebagai pemandu siswa lainya dalam belajar. “Adanya tutor dari para siswa tersebut akan mempermudah belajar para siswa,” paparnya.

    Para siswa yang menjadi tutor Bahasa Inggris tersebut, lanjut Mahmudin,  sebelumnya juga telah mendapatkan pelatihan tutor di Kampung Inggris Kebumen (KIK) di Jatijajar Kecamatan Ayah. “Kompetensi akan semakin meningkat jika apa yang diketahui dilaksanakan dan diajarkan kepada orang lain. Jika setelah mengikuti pelatihan tidak ada tindak lanjut, bisa jadi para siswa akan lupa dengan apa yang telah diperoleh,” terangnya.

    Bahasa merupakan alat komunikasi, untuk itu mempelajari bahasa juga harus dilaksanakan dengan praktik berkomunikasi. Dengan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris, maka kosah kata yang telah dihafal akan selalu diingat. “Kalau tidak digunakan bisa jadi akan lupa,” paparnya.

    Mahmudin juga menyampaikan adanya pertukaran tutor juga akan terjalim silaturahmi antar anggota English Club di sekolah-sekolah di Kebumen. Selain itu akan hal ini akan mengurangi kejenuhan anggota English Club dengan suasana dan atmosfer pengajaranyang berbeda. “Ini juga penting untuk melatih keberanian tutor dalam memperaktikan kemampuannya di sekolah lain,” terangnya.

    Sementara itu Dra Elly Samodriati menyampaikan program English Club MAN 1 Kebumen juga dilaksanakan untuk menginspirasi guru pembina English Club sekolah lain agar dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari KIK. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top