Honda GTR

  • Berita Terkini

    Minggu, 25 Februari 2018

    Kampanyekan Peduli Lingkungan, Ratusan Siswa Bersih-bersih Jalan Arumbinang

    Foto ahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, PMI Kebumen menggelar aksi bersih-bersih di sepanjang jalan Arumbinang,  Jumat (23/2/2018). Sedikitnya 300 peserta mengikuti kegiatan yang menggandeng para siswa yang tergabung dalam PMR itu.

    Para peserta yang berasal dari 25 sekolah di Kebumen itupun antusias. Turut serta dalam kegiatan ini,  anggota Krops Sukarela Unit (KSR) perguruan tinggi, dan anggota KSR markas PMI dan Tenaga Sukarela (TSR) serta karyawan kantor intansi yang berada di sepanjang jalan Arumbinang.

    Berbekal peralatan kebersihan seperti sapu, sabit, cangkul dan kantong plastik mereka membersihkan Jalan Arumbinang. Sampah yang terkumpul lantas dimasukkan ke kantong platik besar sebelum kemudian diangkut k Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

    Ketua PMI Kabupaten Kebumen, Komper Wardopo mengatakan, kegitan tersebut sebagai wujud kepedulian PMI Kebumen dan para anggota PMR dan relawan akan pentingnya lingkungan. Sekaligus, sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Kebumen yang tengah berusaha meraih Adipura.

    "Kegiatan ini juga bersamaan dengan kegitan bersih - bersih pantai yang dilaksanakan PWI Kebumen di pantai Suwuk," ujar Komper yang memang Ketua PWI Kebumen tersebut.

    Kepala markas PMI Kebumen Eko Purwanto, menyampaikan, dalam kegiatan kemarin, para anggota PMR juga dilatih untuk memilah aneka sampah seperti sampah plastik dan sampah daun. "Mereka juga memungut sampah plastik yang berada di selokan untuk mengantisipasi sumbatan saluran air," kata Eko.

    Eko Purwanto berharap kegitan yang baru dilakukan pertama kali ini akan diagendakan secara rutin setiap 3 bulan sekali dan menjadi program gerakan kebersihan PMI Kebumen dengan skala lebih luas.

    "Melalui kegiatan ini kami harapkan para anggota PMR bisa menularkan dan menerapkan aksi ini di lingkungan sekolah dan masyarakat. Aksi semacam ini diharapkan menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan penghijauan sebagai bentuk antisipasi bencana tanah longsor dan banjir," ungkapnya. (saefur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top