BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Senin, 19 Februari 2018

    Gempa Bumi Guncang Pacitan

    JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempa degan kekuatan 5 Skala Richter (SR) yang menguncang selatan Pacitan pada Minggu dini hari kemarin (18/02/2018). Sekitar pukul 01.56 WIB


    Episentrum gempa diperkirakan berada di  titik koordinat 9.00 Lintang Selatan dan 110.93 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah barat daya Pacitan pada kedalaman 50 km. BMKG mengkonfirmasi bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.


    Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi mengatakan bahwa menurut peta guncangan (shakemap) serta laporan dari masyrakat, Gempa tersebut dirasakan di beberapa kabupaten meliputi Pacitan, Trenggalek, Bantul dan Yogjakarta.


    Getaran dirasakan dalam skala intensitas I – II Modified Mercalli Intensity (MMI). ”Dalam skala ini, guncangan gempa bumi tidak menimbulkan kerusakan,”kata Riyadi. Hingga saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan belum ada kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut. 


    Riyadi menjelaskan, Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal  akibat aktivitas subduksi  Lempeng Indo Australia menyusup di bawah Lempeng Eurasia. ”Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme sesar naik  (Thrust Fault),”Jelasnya.


    Hingga pukul 02.18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Meski demikian, Riyadi menghimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah kabupaten Pacitan, Trenggalek, Bantul, Yogya dan sekitarnya  untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(tau)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top