Honda GTR

  • Berita Terkini

    Senin, 26 Februari 2018

    Dua Rumah Warga Kelurahan Bumirejo Rusak Diterjang Longsor

    BPBDKEBUMENFOREKSPRES
    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Dua buah rumah warga Desa Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, rusak diterjang longsor, Sabtu (24/2/ 2018). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

    Hanya, dapur rumah mengalami kerusakan cukup parah akibat tertimpa longsoran berupa batu cadas dari tebing batu yang berada tak jauh dari kedua rumah keduanya.

    Kepala Bidang Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Drs Muhyidin menyampaikan, kedua pemilik rumah masing-masing Siti dan Raminah. Keduanya warga RT 8 RW 12 Dukuh Kemitir, Kelurahan Bumirejo.

    Akibat diterjang longsor, dapur rumah milik Siti jebol dengan diamter meter 1,5cm dan dindingnya retak-retak. "Kondisi serupa juga dialami satu warga lainnya (Raminah)," kata Muhyidin, Minggu (25/2/2018).

    Sementara ini, BPBD Kebumen telah menyalurkan bantuan sembako, untuk logistik warga yang bekerja bakti menghancurkan batu cadas. "Sayangnya, warga masih menggunakan peralatan seadanya seperti  dandang dan pahat serta palu," kata Muhyidin.

    Lurah Bumirejo, Bibit Agus Nugroho, mengaku sangat mengapresiasi BPBD Kebumen yang cepat merespon kejadian longsor di wilayahnya tersebut. Dia yang sudah melihat langsung kondisi warganya itu, mengamini longsor itu butuh penanganan segera.

    Apalagi, berdasar penuturan warga, longsor kemarin bukan kali pertama sehingga sangat mungkin terjadi longsor susulan. Bila itu terjadi, Bibit Agus tak dapat membayangkan apa yang akan terjadi pada pemilik rumah. "Kami sungguh berharap perhatian Pemkab. Kondisi di lapangan, warga kami sudah tak memungkinkan lagi bertahan di rumah. Bisa fatal kalau terjadi longsor susulan," katanya sembari mengatakan, relokasi menjadi salah satu alternatif solusi.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top