• Berita Terkini

    Wednesday, February 7, 2018

    Belum Punya SIM Mendominasi Pelanggaran Lantas

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pelanggaran lalu lintas terbanyak pada pengendara sepeda motor, ternyata didomonasi oleh para pengemudi yang belum cukup umur. Karena belum cukup umur maka para pengemudi tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) saat mengendarai sepeda motor.


    Hal ini disampaikan oleh KBO Satlantas Polres Kebumen Iptu Tejo W, saat menggelar operasi razia kendaraan bermotor. Razia dalam program Giat Operasi yang digelar oleh Satlantas dan Samsat Kebumen tersebut salah satunya dilaksanakan di kawasan tertib lalu lintas di Jalan Ahmad Yani Kebumen. Tepatnya di sebelah timur Tugu Lawet Kebumen, Rabu (7/2/2018).

    Dalam kesempatan tersebut, Iptu Tejo W menyampaikan, razia dilaksanakan untuk menertibkan para pengendara kendaraan bermotor. Beberapa target razia diantaranya pengecekan SIM, STNK dan helm. Selain itu juga dilaksanakan penertiban kepada para pengendara yang mabuk atau menggunakan handphone saat berkendara. “Ini sangat penting untuk menjaga keselamatan para pegendara kendaraan bermotor,” tuturnya.

    Saat ini lanjut Iptu Tejo W, pelanggaran di Kebumen tergolong sangat parah. Dapat diibaratkan kondisi Kabupaten Kebumen seperti sedang mengalami sakit. Untuk razia akan dilaksanakan sesering mungkin. “Razia akan sangat sering dilaksanakan yakni tiga kali sehari,” paparnya.

    Anak-anak yang memang belum umur untuk membuat SIM, sebenarnya memang belum layak untuk mengendarai kendaraan bermotor. Hal ini meliputi dari kematangan psikologis dan ketrampilan menggunakan kendaraan. Kedua hal tersebut sangat penting untuk memastikan keselamatan para pengendara kendaraan bermotor.” Dengan adanya tertib lalu lintas, diharapkan akan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sebab setiap kecelakaan lalu lintas pasti diawali dengan adanya pelanggaran lalu lintas,” paparnya.

    Pada razia yang dilaksanakan kali, bukan hanya penertiban kendaraan dan administrasi saja. Pengguna kendaraan yang terlambat membanyar pajak, atau telah mendekati waktu membanyar dapat membayar pajak di area razia. Dengan adanya pelayanan pembayaran pajak di area razia kendaraan maka akan meningkatkan ketertiban membayar pajak bagi masyarakat. “Ini kami sekalian menyediakan layanan membayar pajak kendaraan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top