• Berita Terkini

    Friday, January 5, 2018

    Tol Solo-Wilangan Segera Beroperasi Februari

    ILUSTRASI TOL
    JAKARTA – Bulan ini, satu lagi ruas tol di Jawa Timur akan tersambung. Sebagian ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 49,50 km sudah nyaris rampung. Saat ini, kontraktor PT Ngawi Kertosono Jaya mengebut penyelesaian tol tersebut agar akhir bulan ini sudah bisa selesai. Ruas tersebut membentang dari Ngawi ke Wilanga. Sementara, ruas Wilangan Kertosono sepanjang 37 km akan rampung pada Desember mendatang.


    Saat ini, ruas tol tersebut progresnya sudah mencapai 98,5 persen. sementara, progres pembebasan lahannya mencapai 99,88 persen. ’’Kami optimistis ruas tol ini bisa dioperasikan penuh pada awal Februari,’’ terangnya kemarin. Sehingga, masyarakat memiliki pilihan alternatif jalur dari dan menuju Ngawi.


    Beberapa bagian yang sedang dikebut penyelesaiannya, antara lain intersection dengan jalan nasional serta gerbang tol. Kemudian, median concrete barier, guardrail, rambu dan marka jalan, serta pembangunan rest area juga sedang diselesaikan secara simultan. Ruas tersebut memiliki tiga gerbang tol yang hanya melayani pembayaran secara non-tunai. Masing-masing adalah GT Madiun, GT Caruban, dan GT Nganjuk.


    Sementara, ruas lainnya, yakni Solo-Ngawi sepanjang 90,25 km juga nyaris rampung. Tol yang digarap PT Solo Ngawi Jaya itu sat ini sudah rampung 87 persen. ’’Kami berusaha secepat mungkin menyelesaikan konstruksi jalan tol Solo-Ngawi sesuai target,’’ terang Dirut PT SNJ David Wijayatno kemarin. Yakni, awal tahun ini.

    Saat ini, progres pembebasan lahan sudah mencapai 95,56 persen. Pihaknya sedang mendorong Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) lahan untuk mempercepat proses pembebasan lahan. Selain itu, PT SNJ juga berkoordinasi dnegan PLN untuk relokasi utilitas PLN secepatnya.


    Juga menambah alat berat untuk mempercepat penyelesaian overpass. Mengingat, ada beberapa overpass di jalur tersebut yang belum rampung pengerjaannya. David menambahkan, ruas tol yang dia kerjakan memiliki lima GT. Masing-masing di Ngasem (Kartasura), Klodran (Solo), Kebakkramat (Karanganyar), Pungkruk (Sragen), dan Ngawi.

    Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, akan ada dua ruas jalan tol yang diresmikan Januari ini. Yang pertama adalah ruas tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,51 kilometer yang dikerjakan oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ). Basuki menuturkan, sore ini akan ada festival tol yang digelar di Madiun.


    ”Festival ini diadakan dalam rangka akan diresmikan. Setelahnya baru akan ada peresmian,” tutur Basuki saat ditemui di kantor Kementerian PUPR kemarin.

    Mengenai kapan tol tersebut akan diresmikan, Basuki mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Namun, dia memastikan bahwa ruas tol tersebut akan diresmikan bulan ini. Ruas tol kedua yang akan diresmikan adalah ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar. ”Paling lama akhir Januari sudah diresmikan,” ungkap Basuki. (byu/and)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top