• Berita Terkini

    Monday, January 1, 2018

    Tak Ada Pesta Kembang Api, Alun-alun Kebumen Tetap Diminati

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Malam pergantian tahun baru di Kota Kebumen berlangsung aman, Minggu (31/12/2017). Ribuan warga menyemut di sekitar di Alun-alun Kebumen untuk menikmati keramaian di tempat tersebut hingga dini hari. Setelah itu, mereka meninggalkan tempat tersebut tanpa ada kendala berarti.

    Dalam waktu sekejap, tempat yang biasanya lengang itu berubah menjadi lautan manusia. Alun-alun Kebumen seolah menjadi magnet bagi warga, sejak langit Kebumen mulai gelap warga masyarakat sudah memadati kawasan ini untuk merayakan malam pergantian tahun. Meski Pemkab Kebumen tak menyuguhkan hiburan apapun, ribuan warga tetap bersemangat memadati kawasan tersebut.

    Pantauan Ekspres, kawasan alun-alun padat oleh berbagai aktivitas warga. Meski tak ada acara spesial yang menyuguhkan panggung hiburan, namun berbagai kegiatan kumpul di sini. Terlihat anak-anak asyik bermain odong-odong, sebagian mereka ada yang tak henti meniup terompet. Begitu juga orang dewasa, ada yang sekadar duduk, ngopi, ngobrol atau jajan di sekitar alun-alun yang banyak ditempati PKL.

    Kabag Humas Setda Kebumen, Sukamto, mengatakan berbeda dengan perayaan malam tahun baru dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini Pemkab Kebumen sama sekali tidak menggelar acara spesial pada pergantian tahun. Termasuk tidak menggelar pesta kembang api maupun membuat panggung hiburan untuk masyarakat.

    Selain itu, Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang diperingati setiap 1 Januari juga hanya diisi dengan upacara di Alun-alun Kebumen. Setelah itu hanya dilanjutkan dengan ziarah ke makam para leluhur. "Kita memang sengaja tidak merayakannya dengan tidak berlebihan," kata Sukamto, Minggu malam.

    Sementara itu, sebanyak 320 personel gabungan dilibatkan dalam pengamanan malam pergantian tahun. Polres kebumen menerjunkan 240 personel. Sedangkan untuk 80 personel, merupakan gabungan dari TNI, Pol PP, Senkom, Banser, Dishub, BPBD dan instansi lainnya.

    "Malam ini titik pengamanan dibagi menjadi dua. Di alun alun Kebumen dan benteng Vanderwijk Gombong," ujar Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, usai memimpin apel pengamanan di depan pendopo kabupaten Kebumen.

    Untuk mengantisipasi kemacetan, Polres Kebumen menerapkan Car Free Night di pusat ruang publik itu. Sejak pukul 18.00 tak terlihat kendaraan bermotor yang lalu lalang di seputar Alun-alun.

    Arus lalu lintas dari Jalan Ronggowarsito ditutup dan dialihkan melalui jalan lingkar utara melalui Jalan HM Sarbini. Untuk arus lalu lintas dari Jalan Pahlawan dialihkan menuju simpang empat SMP 5 ke kanan menuju Jalan HM Sarbini. Sedangkan parkir kendaraan ditempatkan di sejumlah kantong parkir, mulai dari Jalan Ronggowarsito, Jalan Piere Tendean, Jalan Pahlawan (depan Lapas), Jalan Veteran (depan asrama haji), dan Jalan Pahlawan (depan SD Kutosari).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top