Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Jumat, 19 Januari 2018

    Setelah Arca Ganesha, Giliran Punden Berundak Ditemukan di Kejawang

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Serpihan artefak yang berada di Desa Kejawang Kecamatan Sruweng kembali ditemukan. Kali ini beberapa bongkah batu bata yang disinyalir merupakan bahan punden berundak yang manjadi alas Arca Ganesha, berhasil ditemukan dan diamankan. Bongkahan batu bata tersebut ditemukan di bawah pohon randu, dekat pemakaman desa setempat, Rabu (17/1/2018).

    Beberapa puing artefak kembali ditemukan saat salah satu warga Tugino (58) bersama dengan Kepala Desa Kejawang Sadimin meninjau kembali lokasi penemuan arca. Saat memeriksa di sekitar area, tepatnya di bawah pohon randu ditemukan beberapa bongkah batu bata. “Ini jelas merupakan bagian dari Arca Ganesha,” tutur Tugino.

    Dengan ditemukannya serpihan Arca tersebut, maka semakin melengkapi beberapa bagian arca yang hilang. Tugino menegaskan pihaknya akan terus berusaha untuk mencari bagian-bagian arca yang hilang. “Dulu pas ditemukan diangap benda tidak begitu penting makanya banyak yang hilang,” katanya.

    Dijelaskannya, selain Arca Ganesha, sebenarnya ada tiga artefak lainnya yang ditemukan bersama-sama. Adapun beberapa artefak lainya yakni sandaran yang merupakan arca berbentuk seperti gunungan wayang dan bak air dari batu padas. Sayangnya sejumlah saat ini artefak telah hilang entah kemana. “Hilang entah dimana, saya akan terus berusaha mencarinya,” katanya.

    Sementara itu Kepala Desa Kejawang Sadimin menyampaikan bongkahan yang ditemukan akan disimpan bareng dengan arca yakni di balai pertemuan warga. Pihaknya berharap warga akan turut serta mengamankan sepihan arca yang hilang. Dengan demikian maka diharapkan arca akan kembali lengkap.

    “Ya kami berharap masyarakat akan turut serta menjaga berbagai benda-benda bersejarah yang ada. Hal itu merupakan berbagai dari menjaga kearifan lokal yang merupakan bagian dari warisan leluhur,” paparnya.

    Sedikit menelisik ke belakang sebenarnya Arca Ganesha sendiri telah lama ditemukan oleh warga. Selama bertahun-tahun arca tersebut disimpan di Gedung Pertemuan desa setempat. Kedepan rencananya patung tersebut akan dibuatkan kotak kaca dan ditempatkan di Kantor Balai Desa Kejawang.

    Arca Ganesha terbuat dari batu cadas kenteng. Patung dengan ukuran tinggi 60 centimeter dengan berat sekitar 35 kilogram. Sebelumnya arca juga  itu juga pernah dikramatkan oleh warga.

    Penemuan berawal saat kerja bakti yakni menggempur gundukan batu cadas untuk uruk jalan. Terdapat hal yang aneh, yakni saat ayunan dandang mengenai batu cedas terdengar bunyi “Dung– dung” yang menandakan seperti terdapat ruangan hampa di balik batu. Saat itu kami memeriksa dan menemukan cekungan mirip kolam tanpa air dibawah akar pohon besar. Anehnya cekungan tersebut beroma wangi, karena penasaran akhirnya dilaksanakan penggalian, sekitar kedalaman 2 meter dari permukaan tanah ditemukan Arca Genesha. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top