• Berita Terkini

    Friday, January 12, 2018

    Sempat Kosong Dua Tahun, Jatimulyo kini Punya Sekdes

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah dua tahun menggunakan Pelaksana Tugas (Plt), kini  Desa Jatimulyo Kecamatan Alian akhirnya mempunyai Seketaris Desa (Sekdes). Adapun pelaksanaan pemilihan sekretaris desa tersebut dilaksanakan dengan sistem seleksi, Jumat (12/1/2018).

    Di Desa Jatimulyo terdapat dua formasi perangkat desa yakni sekdes dan Kaur I. Untuk formasi Sekdes diikuti oleh tiga peserta. Sedangkan formasi Kaur I hanya diikuti oleh satu peserta saja.

    Adapun tiga peserta yang mengikuti seleksi formasi sekdes yakni Reni Puspitasari, Munifudin dan Mei Heri Kusworo. Sedangkan  satu peserta untuk formasi Kaur I yakni Arif Saefulloh.

    Ketua Panitia Tim Seleksi Promosi Jabatan, Wachidun Kusniyanto, menyampaikan pelaksanaan tim seleksi promosi jabatan mendasar pada Peraturan Bupati Kebumen nomor 51 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Perangkat Desa.

    qSelain itu yang menjadi dasar kegiatan yakni Rapat BPD dan Pemerintah Desa Jatimulyo Alian tentang Pembentukan Tim Seleksi Promosi Jabatan Pemerintah Desa Jatimulyo. “Pengisian formasi dilasanakan dengan dua cara yakni promosi jabatan dan penjaringan. Dalam hal ini kami menggunakan sistem promosi jabatan,” tuturnya.

    Dijelaskannya, dalam menentukan siapakan yang akan jadi,  peserta harus melewati beberapa tahap, yakni administrasi, seleksi dan pengabdian. Seleksi dilaksanakan dengan dua cara yakni tertulis dan praktek. Adapun untuk praktek dibagi menjadi tiga unsur meliputi pidato, komputer dan wawancara. “Semuanya dilaksanakan secara terbuka, transparan dan tanpa intervensi dari panitia. Untuk itu hasil dari penilaian tersebut akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” paparnya.

    Dengan adanya seleksi yang tepat maka nantinya diharapkan Desa Jatimulyo dapat memiliki Sekdes baik dari tiga peserta yang merupakan perangkat desa terbaik. Adanya seleksi secara terbuka dengan melibatkan masyarakat umum diharapkan dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat. Seleksi dilaksanakan tanpa adanya unsur kolusi, nepotisme maupun korupsi. “Ini akan jadi pembelajaran yang baik untuk masyarakat dan pemerintah desa,” jelasnya.

    Wachidun Kusniyanto setelah panitia selesai melaksanakan penilaian,  terpilihlah Munifudin menjadi Sekretaris Desa Jatimulyo Alian. Sedangkan untuk Kaur I yakni Arif Saefulloh. “Semoga ini menjadi yang terbaik untuk kita semua,” ucapnya pada acara yang dihadiri oleh Camat Alian Ram Gunadi SH, dan Jajaran Muspika Alian. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top