• Berita Terkini

    Sunday, January 28, 2018

    SDIT Ibnu Abbas Gelar Festival Sekolahku

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- SDIT Ibnu Abbas Kebumen menggelar perhelatan akbar bertajuk “Festival Sekolahku”. Perhelatan ini digelar selama tiga hari, Kamis 25 Januari hingga Sabtu 27 Januari.

    Waka Kesiswaan SDIT Ibnu Abbas Kebumen, Aditiyo Nugroho, menjelaskan Festival Sekolahku merupakan gabungan dari tiga kegiatan siswa yang dirangkai dalam satu perhelatan. Kegiatan ini merupakan perhelatan akbar perdana yang digelar serangkai berurutan.

    “Biasanya tiga kegiatan ini dilaksanakan di  waktu yang berjauhan. Tapi tahun ini kita jadikan satu di bulan Januari dalam rangkaian Festival Sekolahku," kata  Aditiyo Nugroho, disela-sela kegiatan.

    Rangkaian festival sekolahku ini diawali dengan kegiatan project show, yang memamerkan karya siswa setempat. Bertempat di koridor sekolah, berbagai karya siswa dipamerkan di stand berupa meja panjang dan dinding depan setiap kelas. Siswa secara bergiliran per kelas melihat hasil karya kelas lain yang dipandu oleh Ustadz dan Uatadzah setempat.

    Berbagai karya siswa dipamerkan dengan keunikan masing-masing. Ada yang memamerkan kolase dari biji-bijian, mozaik, lukisan, flash card dan kliping sesuai tugas pelajaran masing-masing, hingga hasil karya berupa perangkat pembelajaran IPA. Tak hanya para siswa yang dapat menikmati pameran ini, tetapi orang tua siswa pun dapat ikut mengunjungi stand-stand pamer hasil karya putra-putri mereka.

    Rangkaian festival sekolahku selanjutnya yaitu, Exhibition Day. Kegiatan yang digelar pada Jumat (26/1), merupakan sarana untuk mengapresiasi minat bakat siswa dan sebagai wahanan mengekspresikan kreativitas siswa. Baik itu di bidang seni, olahraga, maupun robotik dengan cara pementasan.

    Exhibition day menampilkan kegiatan eksul di panggung pertunjukkan, seperti tekwondo, robotik, jurnalistik, karate, bulutangkis, hasta karya, dan seni lukis. Selain menampilkan kegiatan estrakulikuler, exhibition day juga menampilkan pentas seni siswa tiap kelas. Mulai dari seni tradisi, islami, maupun modern ditampilkan. Ada drama, gerak dan lagu, tari kupu-kupu, lagu dolanan, bahkan senam chikecken dan baby shark.

    "Kegiatan ini sebagai ajang penggalian potensi berkesenian siswa dan memupuk rasa percaya diri mereka. Di samping itu acara ini juga bertujuan untuk membuka akses informasi dan komunikasi kepada masyarakat luas tentang SD IT Ibnu Abbas Kebumen," terang Adityo.

    Rangkaian Festival sekolahku yang terakhir adalah Khotmil Qur’an, Imtihan dan Wisuda Tahfidz angkatan pertama, yang digelar Sabtu (27/1). Sebanyak 43 siswa terpilih menjadi wisudawan.

    Kegiatan ini merupakan ajang apresiasi prestasi siswa-siswi SDIT Ibnu Abbas, yang telah mencapai puncak prestasi dalam mengkhatamkan AlQuran dan menghafalkan juz 30.  Selain itu, kegiatan ini juga untuk menampilkan kemampuan ilmu baca Al qur’an melalui metode qiroati .

    "Harapan besar digelarnya acara ini adalah agar para wisudawan dapat mengaplikasikan hasil pencapaian mereka dalam kehidupan sehari-hari," ujar Ustadzah Ririn.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top