• Berita Terkini

    Thursday, January 4, 2018

    Sastrawan Cilik Berbakat Bermunculan di Purworejo

    PURWOREJO- Lomba Kesastraan yang digelar oleh Kelompok Peminat Seni Sastra (Kopisisa) Purworejo menggaet ratusan peserta anak dan dewasa. Sejumlah sastrawan cilik pembaca puisi berbakat bermunculan. Final lomba sendiri berlangsung di Gedung PKK Purworejo, kemarin.

    Panitia penyelenggara, Maskun Artha, menjelaskan, lomba kesastraan meliputi tiga tangkai lomba, yakni cipta puisi, cipta cerpen, dan baca puisi. Masing-masing dibagi dalam dua kategori, yakni golongan anak dan dewasa. Kelompok anak dikhususkan untuk jenjang SD hingga SMP, sedangkan kelompok dewasa untuk jenjang SMA hingga perguruan tinggi dan masyarakat umum. “Masing-masing lomba diikuti sekitar 30 peserta,” katanya.

    Ketua Kopisisa, Soekoso DM, mengungkapkan, lomba kesastraan merupakan agenda rutin tahunan Kopisisa yang bertujuan untuk menggali bakat sastra para pelajar Purworejo serta memupuk minat masyarakat untuk mencintai sastra. Lebih dari itu, menjadi bentuk apresiasi terhadap keberadaan Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan sebagai bahasa pemersatu bangsa.

    “Lomba seperti ini sudah mentradisi sejak dulu. Melalui sastra, Kopisisa ingin memberikan dukungan kepada bangsa dalam hal pendidikan karakter,” ungkapnya.
    Sementara itu, Sekretaris Dewan Kesenian Purworejo, Eko Sutopo, yang bertindak sebagai juri menyatakan bahwa dalam lomba kali ini banyak muncul sastrawan berbakat dari golongan anak, khususnya sebagai pembaca puisi. Salah satu diantaranya bahkan masih duduk di kelas 2 SD.

    “Kompetisi seperti menjadikan kita melek mata bahwa banyak potensi anak yang perlu kita wadahi. Saya kagum dengan kepiawaian anak-anak dalam membaca puisi,” ujarnya.
    Disampaikan, berdasarkan hasil penilaian dewan juri, juara 1-3 Lomba Baca Puisi golongan anak berturut-turut diraih oleh Ramadhanti Andika Putri Fatikhah, Fadila Januari, dan Agna Bachtiar Ramdan. Juara 1-3 Lomba Baca Puisi golongan dewasa, berturut-turut yakni Badrotul Ulum, Listy febriana, dan ElyaKhoirunnisa.

    Pada lomba Cipta Puisi golongan anak, juara 1-3 berturut-turut diraih oleh Fatimah Cahyaningtyas, Dita Kumlasari, dan Rima Arvisya. Sementara untuk Cipta Puisi golongan dewasa juara 1-3 berturut-turut diraih Widakdo, Tannisa Adelia, dan Octavia Adiel P.

    Berikutnya pada lomba Cipta Cerpen golongan anak, juara 1-3 berturut-turut yakni Belva Al Fatihah, Ririn Wulandari, dan Fatimah Cahyaningtyas. Jura 1-3 Cipta Cepern golongan dewasa berurutan diraih Luh Ariyani, Ramahdani Novianti, dan Putri Liliandari. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top