• Berita Terkini

    Tuesday, January 2, 2018

    Ribuan Lampion Semarakkan Malam Tahun Baru di Poncowarno

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Ribuan pengunjung memadati kawasan wisata Kedungdowo Adventure Park di Desa Kedungdowo, Kecamatan Poncowarno, Minggu (31/12/2017) malam lalu. Kedatangan mereka untuk menyaksikan warna-warni nyala lampion yang terapung di sungai yang ada di kawasan wisata tersebut pada malam pergantian tahun.

    Kegiatan Gebyar 1000 Lampion Apung Poncowarno yang baru pertama kali digelar itu menjadi daya tarik masyarakat. Para tak menyia-nyiakan event tersebut, mereka menyempatkan untuk berfoto selfie bersama lampion-lampion yang sudah terapung .

    Salah satu pengunjung, Sumiati (32), mengatakan acara tersebut sangat menarik dan termasuk langka di Kebumen. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan event alternatif yang tidak kalah serunya dengan event serupa yang ada di pusat keramaian kota.

    Koordinator Kegiatan Gebyar 1000 Lampion Apung Poncowarno 2017,  Wagio, mengatakan pada kegiatan tersebut juga dimeriahkan beberapa pertunjukan kesenian lokal. Diantaranya seni kuda kepang dan kesenian tayub serta pertunjukan organ tunggal. 

    Stand kuliner produk lokal Kecamatan Poncowarno menampilkan produk unggulan lokal kecamatan poncowarno. Yaitu sirup kapulaga dan manisan salak yang merupakan hasil asli dari kebun di desa Tirtomoyo kecamatan Poncowarno.

    "Panitia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan acara dengan baik. Namun karena singkatnya waktu untuk persiapan ada beberapa hal yang belum sempurna pada event ini," kata Wagio, disela-sela acara.

    Wagio mengungkapkan, kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Muspika Kecamatan Poncowarno dengan Pemerintah Desa se Kecamatan Poncowarno dan Karangtaruna Kecamatan Poncowarno.

    Camat Poncowarno, Budiono, menjelaskan Gebyar 1000 Lampion Apung Poncowarno diselenggarakan dengan tujuan untuk memunculkan ikon baru. "Bahwa kalau ada acara Gebyar Lampion Apung adanya ya di Poncowarno, acara ini akan dilaksanakan rutin setahun sekali di moment pergantian tahun," terang Budiono.

    Pihaknya berharap acara tersebut bisa menjadi ajang promosi potensi wisata yang ada di Kecamatan Poncowarno. Yang sebenarnya begitu melimpah namun belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. 

    "Diharapkan juga dengan adanya event promosi wisata seperti ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata baik pengunjung lokal, domestik maupun turis asing ke Kecamatan Poncowarno," imbuhnya.

    Setelah pukul 00.00 WIB  Camat Poncowarno bersama Kapolsek dan Kaposramil melarung lampion apung. Disertai dengan letusan ratusan kembang api diatas lampion-lampion yang sudah terapung air sungai sebagai pertanda datangnya hari-hari baru di tahun 2018.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top