• Berita Terkini

    Tuesday, January 30, 2018

    PDIP Jadi Parpol Pertama Jalani Verifikasi Faktual di Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kebumen, merupakan partai pertama yang mengikuti Verifikasi faktual parpol. Kegiatan yang menghadirkan 91 anggota, tersebut dilaksanakan di Kantor DPC PDI perjuangan, Selasa (30/1/2018).

    Acara Verifikasi faktual tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen H Cipto Waluyo SKep Ns, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen Paulus Widiyantoro SE beserta jajarannya dan Ketua Panwaskan Kebumen Maesaroh MAg.

    Verifikasi terhadap beberapa anggota dan pengurus PDI Perjuangan yang kebetulan tidak bisa hadir juga dilaksanakan menggunakan Video Call. Dalam Video Call tersebut secara langsung Ketua KPU dan Ketua Panwaskab meminta pihak yang bersangkutan untuk menunjukkan KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai.

    Dalam sambutannya, Ketua KPU Kebumen Paulus Widiyantoro SE menyampaikan, Verifikasi Faktual dilaksanakan berdasar pada Putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Yakni seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019, termasuk parpol lama yang sudah menjadi peserta Pemilu 2014 harus mengikuti Verifikasi Faktual. “Di Kebumen PDI Perjuangan menjadi partai pertama yang mengikuti verifikasi faktual,” tuturnya.

    Dijelaskannya, untuk KPU tingkat kabupaten verifikasi faktual dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 30 Januari hingga 1 Februari mendatang. Pada tanggal 30 Januari dilaksanakan Verifikasi Faktual terhadap 1 partai yakni PDI Perjuangan. Untuk tanggal 31 Januari rencananya akan dilaksanakan Verifikasi Faktual terhadap 3 partai politik. Sedangkan tanggal 1 Februari rencananya dilaksanakan Verifikasi Faktual kepada 10 partai politik. “Kami berterima kasih kepada PDI Perjuangan yang telah meminta waktu verifikasi paling awal,” paparnya.

    Sementara itu Ketua Panwaskab Kebumen Maesaroh, dalam sambutannya menyampaikan agar semua pengurus dan anggota partai serta masyarakat dapat bersama-sama menyukseskan pemilu. Hal itu selaras dengan motto panwas yakni “Bersama Rakyat Awasi Pemilu”.

    "Ini merupakan awal yang baik. Meminta pertama artinya DPC PDI Perjuangan  percaya diri. Untuk itu ke depan diharapkan akan selalu baik dalam pelaksanaannya. Semua harus sesuai regulasi yang ada, jika ada pelanggaran dan tidak mau diingatkan, tentu akan kami tindak,” tegasnya.

    Sementara  itu Ketua  DPC PDI Perjuangan Kebumen H Cipto Waluyo menyampaikan, sesuai dengan aturan yang ada verifikasi faktual memang harus diikuti. DPC PDIP Perjuangan mengikuti verifikasi pertama kali tentunya dengan semua kesiapan yang ada. “Kami telah menyiapkan semuanya dengan segenap kemampuan yang ada. Mudah-mudahan tidak ada kekurangan sama sekali,” ucapnya.

    Paulus Widiyantoro menyampaikan, bagi partai yang belum mengikuti verifikasi diharapkan segera mempersiapkan diri, meliputi SK Partai dan Surat Keterangan Domisili Kantor. Sedangkan untuk pengurus dan anggota partai menyiapkan KTP Elektronik dan KTA. “Untuk PDI Perjuangan dinyatakan telah memenuhi standar minimal,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top