• Berita Terkini

    Friday, January 12, 2018

    Kaum Ibu di Klirong Belajar Bikin Kerajinan dari Bambu

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Mahasiswa IAINU Kebumen yang tengah mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa  Desa Wotbuwono Kecamatan Klirong, menggelar pelatihan seni kerajinan tangan bernahan bambu. Sebanyak 30 peserta yang merupakan ibu-ibu PKK mengikuti kegiatan yang digelar di Aula balai desa setempat, Rabu (10/1/2018).

    Koordinator KKN Mahasiswa IAINU Kebumen, Agus Supriyanto mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih masyarakat membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

    "Selain kita belajar praktik kerja dilapangan dengan kegiatan ini kita ajak para ibu - ibu rumah tangga untuk mengisi luang waktu membuat kerajinan tangan untuk penghasilan tambahan," katanya.



    Beraneka macam karya kerajinan yang dibuat dari bahan dasar bambu tali yang diirat tipis tipis disulam melingkar hingga membentuk sebuah wadah mulai dari tempat pensil, tempat tisu, piring, dompet bambu, hingga tutup makanan.

    "Semua bahan dari bambu, untuk proses pembuatan dan cara merangkainya kita undang tutor khusus," kata Agus.

    Melalui pelatihan ini, harap

    Agus Supriyanto, dapat menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan perekonomian masyarakat. " Kita berharap dengan kegiatan ini masyarakat bisa menjadi pengusaha perekonomian kreatif melalui kerajinan," ungkapnya.



    Pemandu pembuatan kerajinan tangan bambu, Umiati (30) warga Desa Rejosari Kecamatan Ambal mengatakan, proses pembuatan kerajinan anyaman bambu tidak sulit hanya butuh ketelitian untuk mengikuti alur anyam yang telah pertamakali dibuat.

    "Sebenarnya sangat mudah tinggal kita mengembangkan motif dan alur anyamnya saja," kata wanita yang telah menggeluti dunia kerajinan sejak 2016 silam. (saefur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top