• Berita Terkini

    Monday, January 29, 2018

    Jadi Irup di SMA 1 Kebumen, Kajari Ingatkan Pentingnya Siswa Pahami Hukum

    IMAM/KEBUMEN
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kebumen Erry Pudyanto Marwantono SH mengingatkan kepada siswa SMA Negeri 1 Kebumen akan pentingnya memahami hukum. Dengan memahami hukum maka para siswa akan terhindar dari perbuatan melanggar hukum.

    Saat ini di Kebumen sendiri kasus kenakalan remaja semakin meningkat. Bukan hanya itu saja, remaja yang menjadi korban kejahatan juga semakin meningkat. Padahal antara pelaku kejahatan dan menjadi korban kejahatan sama-sama mengalami kerugian. Jika sampai tersangkut masalah hukum maka masa depan dapat menjadi suram.

    “Saat ini yang sedang berbicara di depan  kalian merupakan kepala kejaksaan yang kerap kali menangani kasus kejahatan di Kebumen.  Kami berpesan jangan sampai para siswa semua terjerat persoalan hukum, selain itu hati-hati pula jangan sampai menjadi korban kejahatan,” tuturnya, saat menjadi irup upacara bendera di SMAN 1 Kebumen,” Senin (29/1/2018).

    Program menjadi irup upacara merupakan salah satu kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang dilaksanakan Kejari Kebumen. Program tersebut merupakan salah satu bagian dari pencegahan tindak pidana terutama di kalangan remaja dan anak-anak. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan di Kebumen untuk menghindari anak-anak yang menjadi pelaku maupun korban dari tindak pidana. "Penindakan memang penting, namun pencegahan juga tidak kalah utama. Salah satunya dilaksanakan melaksanakan program JMS," paparnya.

    Kajari kembali menjelaskan,  trend perkara pidana -anak di Kebumen selama ini terus meningkat. Sebelumnya, rata-rata setiap bulannya hanya terdapat satu perkara saja. Namun beberapa bulan terakhir kasus semakin meningkat yakni mencapai 2 hingga 3 perkara. Keterlibatan anak-anak dalam tindak pidana tidak hanya sebagai korban tetapi juga pelaku. "Kami berharap kegiatan ini dapat menekan angka kejahatan yang melibatkan anak," jelasnya.

    Sementara itu, Kepala SMA 1 Kebumen Rachmat Priyono SPd mengharap kegiatan tersebut dapat menambah wawasan hukum bagi siswa-siswinya. Hal itu menjadi sangat penting dengan bagi para siswa. Bahkan dalam kesempatan tersebut pihaknya juga menyampaikan telah menggandeng aparat penegak hukum terutama saat penerimaan siswa baru. “Upacara ini dihadiri oleh siswa SMA Negeri 1 Kebumen yang berjumlah 1.074 siswa,” ucapnya. Usai pelaksanaan upacara acara ditutup dengan pemberian cindra mata kepada Kepala SMA Negeri 1 Kebumen dari Kajari Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top