• Berita Terkini

    Sunday, January 28, 2018

    Hadapi OSN, 487 Siswa Ikuti KSM di MTsN 5 Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak 487 siswa baik dari Madrasah Tsanawiyah Negeri maupun swasta yang ada di Kebumen, , Sabtu (27/1/2018), mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanakan di MTs 5 Kebumen (dulu MTs Klirong). Jumlah siswa tersebut berasal dari 63 MTs baik negeri maupun swasta yang berada di Kebumen

    KSM dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (KankanKemenag) Kebumen H Imam Tobroni SAg MM.  Adapun tujuan dari KKM sendiri yakni untuk menggali potensi para siswa MTs.

    Selain itu kegiatan juga dilaksanakan guna menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada Mater mendatang. Buka hanya itu saja KSM tingkat kabupaten ini juga dilaksanakan dalam rangka menyongsong KSM tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada April mendatang.

    Dalam sambutannya H Imam Tobroni berpesan kepada siswa agar saling berkompetisi secara sportif. Menjadi juara dalam setiap kompetisi memang menjadi kebanggaan bagi siapa pun yang mampu meraihnya. Kendati demikian jika hal itu diperoleh dengan cara yang tidak sportif, maka akan menciderai gelar peringkat juara tersebut. “Harus saling berkompetisi, namun tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas,” tuturnya.

    Ketua Panitia Pelaksana Bangun Sudibyo SPd menyampaikan, kegiatan KSM dilaksanakan rutin setiap tahun. Terdapat empat mata pelajaran yang dikerjakan oleh para peserta yakni Matematika, Fisika, Biologi dan IPS.

    Adapun peserta yang mengikuti kegiatan KSM yakni siswa MTs kelas VII dan VIII. “Dalam hal ini juara 1, 2 dan 3 akan dikirim untuk mengikuti KSM tingkat provinsi,” paparnya.

    Sementara itu Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kebumen Drs HM Ikandar MPd melalui Kepala Bidang Kurikulum Drs H Sugeng Warjoko MEd menyampaikan adanya kegiatan juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan prestasi para siswa. Kendati kini beberapa prestasi siswa MTs telah sama atau bahkan dalam hal-hal tertentu telah mampu melebihi siswa SMP, namun dalam bidang-bidang tertentu MTs dapat belum sejajar dengan SMP. “Untuk itulah harapannya ke depan akan semakin banyak prestasi-prestasi yang dapat diraih oleh siswa MTs,” jelasnya.

    Hasil penilaian KSM tersebut pada pelajaran Matematika, Fatimah az Zahra dari MTs Negeri 3 Kebumen mendapatkan peringkat pertama. Disusul oleh M Arvin Wijayanto dari MTs Negeri 1 Kebumen sebagai juara kedua. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Ni’matul Fitriyah siswa dari MTs Negeri 5 Kebumen.

    Juara pertama untuk mata pelajaran fisika juga kembali diraih oleh sisiwa dari MTs Negeri 3 Kebumen Kebumen yakni Kholifatul Azizah. Disusul oleh Achmad Nu’man Naziieh sebagai juara 2  dan Muhammad Rathurrohman sebagai juara 3.  Siswa yang mendapatkan juara 2 dan  juara 3 merupakan siswa MTs Negeri 1 Kebumen.

    Pada mata pelajaran Biologi juara 1 dan 2 diraih oleh siswa MTs Negeri 1 Kebumen yakni Asma Amaniatul Ulya dan Khafid Hidayat. Sedangkan juara 3 nya diraih oleh siswa dari MTs Negeri 3 Kebumen yakni Eka Nurul Kusuma W. Sedangkan untuk mata pelajaran IPS, Nova Putri Ramdhan mendapatkan peringkat pertama, disusul oleh Aniq Zulfia Nur sebagai juara 2 dan Rahmah Milati Akmalida sebagai juara 3. Dari ketiga juara tersebut merupakan sisiwa MTs Negeri 1 Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top