• Berita Terkini

    Monday, January 22, 2018

    Dukuh Tuaburu Tanggulangin Lunas PBB Sehari

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kiat untuk menyukseskan lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ternyata semakin antusias dilaksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat. Bahkan Salah satu dukuh di Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong yakni Tuaburu menggelar kegiatan lunas PBB sehari, Minggu (21/1/2018).

    Kegiatan lunas PBB digelar cukup meriah. Sebelum membayar PBB, setiap masyarakat yang datang dipersilahkan untuk makan terlebih dahulu. Bukan hanya itu sembari menunggu antri, pada momen tersebut juga digelar hiburan orgen tunggal “Kusuma Nada”.

    Acara bayar PBB lunas sehari juga dihadiri oleh Kasi Penagihan Bappeda Kebumen Hari Budi Santoso SE MM. Kedatangannya tersebut dilaksanakan untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat.

    Kadus IV Desa Tanggulangin Kasimin menyampaikan, terdapat empat kadus di Desa Tanggulangin. Adapun Kadus IV melaksanakan kegiatan lunas PBB yang paling akhir. “Sebenarnya, masyarakat masih sangat antusias untuk mau membayar PBB. Kendati demikian hal itu harus dipelopori dan digerakkan oleh para pemerintah desa,” tuturnya.

    Dijelaskannya, sejak ada Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) maka pembayaran PBB meningkat sangat drastis yakni mencapai 80 persen. Adanya JJLS juga menaikkan pembayaran PBB hingga 100 persen. “Kalau untuk desa kami meningkat mencapai 80 persen, namun di desa lain meningkat hingga 100 persen,” katanya.

    Pihaknya menegaskan, pada tahun 2017 lalu, di Kadus IV Desa Tanggulangin pagu pembayaran PBB hanya sekitar Rp 22 juta. Namun pada tahun 2018 ini meningkat menjadi sekitar Rp 35 juta. “Kalau untuk Desa Tanggulangin pagu PBB mencapai Rp 60 hingga Rp 70 juta di tahun 2017. Namun di tahun 2018 kini telah mencapai Rp 114 juta,” jelasnya.

    Di Kebumen Gerakan Pelunasan PBB Satu Hari Lunas mulai dicanangkan sejak tanggal 17 Maret Tahun 2011. Kala itu Kabupaten berselogan Beriman ini dipimpin oleh Bupati H Buyar Winarso SE. Sejak itu beberapa kecamatan dan desa selalu banyak yang berlomba-lomba untuk dapat lunas PBB sehari.

    Dalam kesempatan tersebut, Kasi Penagihan Bappeda Kebumen Hari Budi Santoso SE MM menyampaikan, pihaknya memberikan apresisasi kepada masyarakat yang dengan antusias mau melunasi kewajibannya yakni bayar PBB. Bappeda juga memberikan apresiasi kepada masyarakat. Masyarakat yang telah membayar akan diikutkan program undian gebyar pelunasan PBB. “Adapun hadiahnya yakni 2 unit sepeda motor, 3 televisi dan 4 kulkas,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top