BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Rabu, 17 Januari 2018

    Dugaan Penyimpangan di Sugihwaras, Inspektorat Turun ke Lapangan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Inspektorat Kebumen akhirnya turun ke Desa Sugihwaras Kecamatan Adimulyo, Selasa (16/1/2018). Turunnya Inspektorat untuk melaksanakan cek lapangan tersebut berkaitan dengan adanya laporan dari masyarakat.

    Terdapat empat petugas dari Inspektorat Kebumen yang menyambangi Desa Sugihwaras. Bukan hanya di kantor balai desa saja, ke empat petugas yang juga didampingi oleh Kasi PMK Kecamatan Adimulyo juga terjun ke lokasi untuk melihat langsung kondisi yang ada.

    Adapun beberapa bangunan yang ditinjau meliputi irigasi, saluran irigasi, Pamsimas dan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL). Bukan hanya itu saja, inspektorat juga meninjau talut jalan yang sempat rusak dan bangunan bronjong yang telah amblas.

    Di Desa Sugihwaras terdapat banyaknya bangunan yang dibangun berkat bantuan dana dari bantuan pemerintah. Meski bangunan sudah ada, namun tidak dapat difungsikan sehingga mangkrak. Bahkan beberapa bangunan diantaranya hanya dapat dimanfaatkan dalam waktu yang relatif singkat.

    Merasa sangat prihatin dengan kondisi tersebut, Forum Komunikasi Antar Dukuh (FKAD) Desa Sugihwaras pun melayangkan surat ke DPRD, Kabag Pemdes, Kabag Hukum, Ketua BAPPEDA, Ketua BAWASDA, Kabag Administrasi, Dinas Kesehatan, Camat Adimulyo, Koramil Adimulyo daa Kapolsek Adimulyo. “Kami melakukan cek lapangan berdasar adanya aduan dari masyarakat,” tutur Sekteraris Inspektorat Kebumen Drs Aris Subiyakto.

    Dijelaskanya setelah melaksanaka cek lapangan, maka data-data tersebut akan digabungkan dengan data laporan masyarakat, perencanaan program serta pelaksanaan program dan laporan program. Semua data akan dipadukan dan beberapa temuan yang ada akan langsung disampaikan secara tertulis Kepada Bupati Kebumen. “Bukan hanya laporan saja, nantinya inspektorat juga akan menyampaikan beberapa rekomendasi. Setelah itu secara resmi bupati akan menyampaikan hasil dari laporan inspektorat ke desa terkait. Bupati juga akan merekomendasikan hal apa yang harus dilaksanakan terkait persoalan tersebut,” paparnya.

    Inspektorat, lanjutnya, nantinya akan berkoordinasi dengan intansi terkait. Sebab beberapa bangunan yang ada di Desa Sugihwaras terdiri dari beberapa instansi. Jika memang diperlukan, ke depan inspektorat juga akan memanggil beberapa masyarakat untuk diminta keterangan. “Kami berharap persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik,” katanya.

    Sujiman salah satu warga Desa Sugihwaras berharap turunnya inspektorat ke Desa Sugihwaras diharapkan akan benar-benar akan memperbaiki sesuatu yang salah dan memberikan hukuman jika memang terjadi tindak pidana. “Kami berharap ini bukan sekedar formalitas belaka. Untuk itu tindakan yang nyata dari inspektorat sangat ditunggu oleh masyarakat,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top