Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Senin, 15 Januari 2018

    Disebut Halangi Pembangunan Kawasan Industri, ini Kata Petambak Udang

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Pemkab Kebumen berencana membangun kawasan industri di wilayah selatan. Namun, hingga saat ini, lahan yang direncanakan akan dibangun kawasan industri tersebut masih berupa tambak-tambak udang. Lalu apa komentar para petambak udang terkait rencana Pemkab Kebumen itu?

    Salah satu petambak udang, Agung, ditemui belum lama ini mengatakan pihaknya sudah tahu rencana pembangunan kawasan industri di kawasan selatan Kebumen. Dia meminta, dalam pembangunan kawasan industri ini, Pemkab betul-betul matang dalam persiapan, khususnya soal pemilihan lokasi.

    "Apakah pemilihan lahan kawasan industri di daerah pesisir ini sudah tepat?" ujarnya.

    Bila tujuan kawasan industri adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, keberadaan tambak udang bahkan saat ini sudah melakukannya. Dengan adanya tambak udang di kawasan pesisir selatan, warga desa di sekitar sudah merasakan manfaatnya. Sebab, para pengusaha tambak udang memberikan kesempatan bagi warga untuk terlibat dengan ikut mengelola.

    Baca juga:
    (Lahan Kawasan Industri Masih Dikuasai Penambak Udang)


    Bahkan, sebagian warga membuka tambak udang sendiri. Dan, itu mempunyai dampak positif bagi masyarakat, khususnya di bidang ekonomi. Malah, Agung mengatakan, semestinya Pemkab mendorong para petambak udang untuk berkembang. Bukan malah mematikannya dengan ancaman-ancaman menutup tambak udang dengan alasan lingkungan dan terakhir dengan akan dibukanya kawasan industri.

    "Berikan saja para petambak udang pendampingan. Bagaimana agar mereka bisa membudidayakan tambak udang dengan baik. Bagaimana pengelolaannya. Juga perijinan yang memudahkan investor tambak masuk. Bukan dengan mengancam akan menutup," ujarnya. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top