• Berita Terkini

    Tuesday, January 9, 2018

    Diiringi Ribuan Pendukung, Ganjar-Yasin Ndaftar ke KPU

    ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG
    SEMARANG- Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang didukung PDIP, PPP, Demokrat, dan Nasdem, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Selasa (9/1/2018) sore. Mereka berangkat dari kantor DPD PDIP Jateng naik andong dengan mengambil rute Jalan Brigjen Sudiarto-Jalan Ahmad Yani-Simpang Lima-Jalan Pahlawan-Jalan Veteran.

    Ribuan massa pendukung ikut mengantarkan prosesi pendaftaran. Selain kader dari koalisi partai, sejumlah relawan, simpatisan, santri, petani, pegiat wisata, hingga kelompok kesenian. Uniknya, Taj Yasin mengenakan sarung khas dandanan santri lengkap dengan sandal slop.

    Tidak semua rombongan berangkat bareng dari Panti Marhaen. Sebagian massa menunggu pasangan Ganjar-Yasin di depan kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang. Praktis, arak-arakan yang mengekor ini sempat membuat jalan yang dilewati mengalami kemacetan.

    Ketika masuk Jalan Veteran, Ganjar-Yasin turun dari andong. Meski jalan menuju kantor KPU Jateng masih beberapa kilometer, pasangan nasionalis-agamis ini berjalan kaki. Formasi iring-iringannya pun berubah. Di barisan paling depan, ada sejumlah orang berbusana serba putih, mirip seragam pasukan pengibar bendera (paskibra). Masing-masing dari mereka membawa bendera merah putih, sementara barisan paling depan, membawa lambang Pancasila.

    Sementara itu, di depan kantor KPU, sudah banyak massa pendukung yang menunggu. Rata-rata dari mereka adalah kalangan santri. Lantunan salawat pun terus didendangkan sembari menunggu Ganjar-Yasin tiba. Begitu sampai di kantor KPU, rombongan langsung merangsek masuk menuju lantai 3.

    Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto atau akrab yang disapa Bambang Kribo, menyerahkan dokumen pendaftaran kepada Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo. Tim verifikasi dari KPU langsung mengecek semua dokumen yang diserahkan. Dari hasil pemeriksaan, semua syarat dokumen paslon dan surat rekomendasi, tidak ada yang kurang.

    "Semua sudah lengkap. Artinya, sudah sah melakukan pendaftaran. Tinggal nanti tanggal 11 Januari, paslon harus mengikuti tes kesehatan di RSUP dr Kariadi Semarang. Tes itu meliputi kesehatan rohani, kesehatan jasmani, dan narkotika. Setelah itu, pengumuman penetapan paslon tanggal 12 Februari," terangnya.

    Sebelum berangkat ke KPU, Ganjar-Yasin menunaikan salat dzuhur berjamaah di Panti Marhaen. Setelah itu, mereka bersama para petinggi partai koalisi menggelar pertemuan singkat dan dilanjut konferensi pers.

    Pada kesempatan itu, Ganjar mengaku, proses Pilgub Jateng bisa berjalan menarik. Sebuah kompetisi yang mengutamakan gagasan cerdas dan berbasis program yang brilian. "Tentu saling menghormati. Menjaga republik ini bareng-bareng dengan cara damai," tuturnya.

    Sementara itu, Yasin ingin agar pelaksanaan Pilgub Jateng bisa berlangsung damai dan menyenangkan. Dia pun berharap Pilgub kali ini bisa menjadi contoh bagi Indonesia. "Lahirnya Indonesia dari Jateng. Kami ingin berikan contoh ketika ada kesalahan dari kami. Kami harap bukan cacian yang keluar tapi peringatan halus," harap putra kiai kharismatik Maimoen Zubair ini.

    Ketua DPD Demokrat Jateng, Rinto Subekti, menambahkan, Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memutuskan mendukung pasangan Ganjar-Yasin. Maka pihaknya di daerah akan bekerja keras mengamankan keputusan tersebut dan memenangkan pasangan ini.

    "Harga mati untuk memenangkan pasangam ini, dan doa dari semua elemen masyarakat di Jateng agar Ganjar-Yasin terpilih," tegasnya.

    Senada dengan Ketua DPD Nasdem Jateng, Setyo Maharso."Mudah-mudahan pasangan ini jadi terbaik di Jateng, dan saya yakin kader dan simpatisan akan kerja keras untuk memenangkannya," tuturnya.

    Ketua DPW PPP Jateng, Masrukhan Syamsurie, mengungkapkan, pihaknya siap memberikan pendidikan politik yang baik ke masyarakat. Karena itu, pihaknya akan mengedepankan perilaku politik yang santun, menjunjumg tinggi harkat dan martabat.

    "Kami kader siap mengamankan kampanye yang beradab dan bermartabat. Pesan para kiai, kami harus bekerja keras untuk semaksimal mungkin memenangkan Ganjar-Yasin," tegasnya.

    Sementara sampai jelang keberangkatan mendaftar ke KPU, parpol pendukung yang hadir yaitu PDIP, PPP, Demokrat, dan Nasdem. Partai Golkar yang sebelumnya digadang juga akan bergabung, ternyata tidak hadir. "Partai Golkar masih ada kendala teknis. Secara komunikasi lisan, Golkar sudah menyatakan bergabung mendukung Ganjar-Yasin. Kalau PKB sudah lost contact," tandas Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. (amh/aro)

    Parpol Pengusung Pasangan Calon

    Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen
    PDIP : 27 kursi
    Demokrat : 9 kursi
    PPP : 8 kursi
    Nasdem : 4 kursi
    Jumlah : 48 kursi

    Sudirman Said –Ida Fauziyah
    PKB : 13 kursi
    Gerindra : 11 kursi
    PKS : 10 kursi
    PAN : 8 kursi
    Jumlah : 42 kursi

    Belum Tentukan Sikap
    Partai Golkar : 10 kursi


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top