• Berita Terkini

    Wednesday, January 31, 2018

    Bupati Purorejo Wacanakan Pembangunan Pelabuhan Laut Dalam

    lukmanhakim/purworejoekspres
    PURWOREJO - Gagasan Kawasan Bahari Terpadi (KBT) yang dulu diprogramkan mantan Bupati Alm Marsaid kembali dihidupkan oleh Bupati Agus Bastian SE MM. Pembangunan pelabuhan laut dalam tersebut nantinya diharapkan dapat menghidupkan ekonomi di kawasan Jawa Tengah Selatan.

    Hal itu disampaikan Bupati dalam kegiatan Bupati Saba Desa yang dipusatkan di Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag Purworejo, Selasa malam (30/1/2018). Dikatakannya, sejarah mencatat jika pesisir Purworejo dahulu pernah memiliki pelabuhan besar.

    "Pada zaman Belanda, Purworejo pernah memiliki pelabuhan di daerah Keburuhan. Jadi saya pikir gagasan ini sangatlah realistis. Terlebih saat ini Samudera Indonesia adalah pilihan. Kapal-kapal niaga besar banyak menggunakan Samudera Indonesia untuk jalur perdagangan laut," katanya.

    Lebih lanjut dikatakannya, KBT akan diunggah kembali dengan mencari investor pelabuhan laut dalam. Jika gagasan tersebut terwujud maka lengkaplah Kabupaten Purworejo jadi daerah yang maju.

    "Gagasan pembangunan KBT telah mendapat respon positif dari negara tetangga Australia. Dubes Australia menurut rencana akan nelihat peluang investasi di Purworejo terutama menjajagi kemungkinan investasi dalam pembangunan pelabuhan laut dalam," katanya.

    Pada bagian lain Bupati mengatakan jika kegiatan saba desa sebenarnya sama dengan kegiatan tilik desa yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Kegiatan itu merupakan salah satu upaya mendekatkan unsur pemerintahan di tingkat kabupaten dengan desa.

    "Kami ingin tahu seperti apa kondisi sebenarnya yang ada di lapangan, utamanya di desa. Sehingga apa yang akan kita rencanakan di Kabupaten Purworejo untuk desa bisa lebih diterima masyarakat," kata Bupati.

    Khusus Ketawangrejo, Bupati memberikan apresiasi masyarakatnya telah mengembangkan obyek wisata. Hal itu sesuai dengan rencana pengembangan yang akan dilakukan khususnya di bidang pariwisata. Setidaknya ada 5 kecamatan di Kabupaten Purworejo yang akan ditingkatkan seiring keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Kelima kecamatan itu meliputi Grabag, Butuh, Ngombol, Purwodadi dan Bagelen.

    "Rencananya kelima kecamatan yang dikembangkan ini akan dijadikan sebagai berandanya Purworejo. Ibaratnya rumah, itu ada terasnya sebelum masuk ke ruang utama," kata Bupati.(luk)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top