• Berita Terkini

    Friday, January 12, 2018

    Bule Belanda Tertarik Menjadi Petani

    BANJARNEGARA - Penasaran ingin merasakan langsung pengalaman menjadi petani, turis asal Belanda datang ke Desa Pagak Kecamatan Purwarja Klampok. Turis  asal negeri Kincir Angin bernama Mr Daniel Van Wijk tersebut mencoba membajak sawah dengan traktor tangan dan mengusir burung dengan jeblugan, Jumat (12/1/2018).

    Turis berusia 35 tahun itu mengaku penasaran dengan cara pengolahan sawah di Indonesia. Bersama dua rekan lainya asal Indonesia Mr Daniel memgaku senang bisa berinteraksi langsung dengan petani di sawah dan bisa menjalankan traktor tangan. Baginya menjalankan traktor tangan merupakan pengalaman pertamanya.

    "Saya senang berada di Indoneisia dengan persawahannya yang luas. Saya juga merasa senang bisa mencoba memegang dan meledakan jeblugan. Sesuatu yang dilarang di Belanda. Di sini orang nya kreatif-kreatif," kata dia dalam Bahasa Inggris.

    Lahan persawahan di Pagak memang mulai menguning. Sehingga petani membuat jeblugan untuk mengusir  burung pipit yang memakan padi yang mulai menguning.
    "Saya kagum dengan orang Indonesia yangbuletm. Karena ternyata begitu berat menjadi petani. Mulai dari mengolah lahan sampai panen," paparnya.

    Pengelola Desa Wisata Pagak Pradikta Dimas mengatakan Desa Wisata Pagak masih dalam tahap pengembangan. Meskipun demikian, sudah mampu mendatangkan wisatawan mancanegara.

    Dimas menjelaskan jeblugan merupakan cara petani untuk mengusir burung yang menjadi hama tanaman padi. Jeblugan terbuat dari pipa paralon yang disetting kemudian diisi spiritus dan dinyalakan dengan percikan  korek elektrik. Ketika dinyalakan menciptakan bunyi ledakan yang cukup keras.

    Kepala Desa Pagak sudarwo mengatakn dengan adanya kedatangan wisatawan mancanegara ini membuat warganya semakin semangat. "Warga kami semakin paham dengan adanya dampak dampak positif dari desa wisata," ujarnya.(drn)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top