• Berita Terkini

    Sunday, January 21, 2018

    Bayi Malang Karangsambung Dapat Penjagaan Ketat Polisi

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bayi malang yang dibuang oleh ibu kandungnya sendiri di Desa Kalisana Kecamatan Karangsambung masih dalam perawatan Puskesmas setempat. Sejauh ini, perkembangannya baik dan sehat.

    Namun, sang bayi tidak dipertemukan dengan ibu kandungnya, yang sama-sama menjalani perawatan di tempat tersebut. Sementara, menjaga segala kemungkinan, polisi disiagakan menjaga kedua ibu anak tersebut.

    Kepala Puskesmas Karangsambung dr Inrilia Kristanti, Minggu (21/1/2018),  mengatakan  pihaknya telah berupaya maksimal untuk merawat sang bayi. Sejauh ini, kondisinya juga sudah membaik, mengingat sebelumnya bayi sempat dioksigen untuk membantu pernafasan.

    Malah, perkembangannya menggembirakan, meski bayi tersebut tidak mendapatkan Air Susu Ibu (ASI). Sebagai gantinya, bayi mendapat susu formula. "Saat ini bayi dalam keadanan sehat," katanya, Minggu (21/1/2018).

    Sayangnya, saat wartawan tak diijinkan mengambil gambar sang bayi

    Meski begitu, pihak puskesmas menyatakan, bayi dalam kondisi baik. Dia diberi susu formula setiap dua jam sekali. "Kita rutin setiap 2 jam sekali kita beri susu formula," imbuh bidan puskesmas yang enggan disebutkan nama.

    Terpisah, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, dr Rini Y Kristianti mengatakan, pihaknya hanya merawat sang bayi dari sisi kesehatan. Adapun untuk penanganan selanjutnya, akan menjadi kewenangan Dinas Sosial PPKB Kabupaten Kebumen. "Nantinya mengenai masa depan bayi akan ditangani Dinas Sosial," kata Rini, Minggu (21/1/ 2018)

    Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kapolsek Karangsambung IPTU K Pandjaitan mengatakan, kasus bayi dibuang ibu kandung sendiri itu sudah dilimpahkan penanganannya kepada Polres Kebumen.

    Namun demikian, mengantisipasi setiap kemungkinan, polisi disiagakan di Puskesmas. "Kami sudah melimpahkan penanganan kasus ini ke Polres Kebumen," ujar IPTU K Pandjaitan.

    Seperti diberitakan, seorang bayi lak-laki ditemukan warga di sungai Dukuh Kalijambe Desa Kalisana Kecamatan Karangsambung, Sabtu pagi (20/12018). Belakangan diketahui bayi memiliki panjang 47 cm dan berat badan 3 kg tersebut dibuang ibu kandungnya sendiri, SN (26).  (saefur/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top