• Berita Terkini

    Sunday, January 21, 2018

    20 Rumah di Wilayah Selatan Kebumen Rusak Diterjang Lesus

    fotoBPBDKEBUMEN
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Jumlah rumah yang rusak di Kebumen  akibat hujan dan angin kencang akhir pekan kemarin (20/1/2018) bertambah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Minggu (21/2018) melaporkan ada 20 rumah yang rusak akibat diterjang lesus (angin kencang).

    Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen, Eko Widianto mengatakan, 20 rumah rusak didapati di 9 kecamatan. "Puting beliung menyebabkan pohon tumbang mengakibatkan 20 rumah rusak dengan skala bervariasi dari sedang sebanyak 11 unit dan 9 rusak ringan.  Ini tersebar di 9 kecamatan," kata Eko yang didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, Muhyidin.

    Muhyidin lantas merinci kerusakan rumah tersebut. Masing-masing di Kecamatan Petanahan sebanyak 6 unit, Kecamatan Buluspesantren (6),  Ambal (4), Bonorowo (1), Klirong (4), Mirit (2), Prembun (1), Puring (1) dan Adimulyo (1).

    Selain merusak rumah, bencana itu juga membuat arus lalu lintas tersendat karena tertimpa pohon di dua titik. Selain itu, sebuah GOR di Desa Wiromartan Kecamatan Mirit ambruk dan jaringan listrik serta PDAM terganggu di 3 titik.

    "Selain kerusakan bangunan rumah, 3 unit kendaraan roda 2 tertimpa pohon di Petanahan dengan kondisi rusak ringan, sementara korban jiwa nihil," kata Muhyidin.

    Sejauh ini, Pemkab melalui BPBD Kebumen telah melakukan penanganan melibatkan relawan dan aparat TNI, Polri, BPBD Kebumen. "Bagi para korban sudah disalurkan bantuan logistik dan material," imbuh Muhyidin yang juga didampingi Bako Humas Heri Purwoto. (saefur/cah). .

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top