• Berita Terkini

    Monday, December 11, 2017

    Warga Kebumen Bisa Minum Gratis Sepuasnya di Alun-alun

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Alun-alun Kebumen terus dipercantik dan dibenahi. Terbaru, ruang publik kebangaan masyarakat Kebumen itu bakal dilengkapi fasilitas water drinkable atau Kran Air Siap Minum (KSAM). Artinya masyarakat bisa mendapatkan air bersih siap minum secara gratis di alun-alun.

    Asyinya lagi, fasilitas tersebut bisa dinikmati dalam waktu dekat, tepatnya mulai 22 Desember mendatang. Lokasinya ada di dua titik, yakni di bagian selatan dan timur. Persisnya di bekas videotron depan gedung DPRD Kebumen dan di depan pintu gerbang kantor Setda Kebumen.

    Hingga kemarin, Senin (11/12/2017), proses pengerjaan lokasi KSAM terus dilakukan. Terlihat sejumlah pekerja sibuk membangun pondasi tempat mesin water dispenser berada.

    Nantinya mesin beserta kran air akan diberi atap pelindung sehingga masyarakat tidak kepanasan atau kehujanan saat mengakses minuman gratis tersebut.

    "Insya Allah tanggal 22 Desember sudah bisa difungsikan," ujar Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen Zein Mustain kepada Ekspres, kemarin.

    Zein menuturkan, pembangunan kran air siap minum itu dimaksudkan agar masyarakat yang tengah beraktifitas di Alun-alun Kebumen dapat menikmati dan mengakses air bersih selama 24 jam nonstop.

    "Jadi, warga yang rekreasi ataupun berolahraga dapat langsung minum atau mengambil air di keran tersebut. Cukup tekan tombol nanti air bersih siap minum akan keluar dengan sendirinya," beber Zein.

    Soal keamanan dan higienitas, Zein berani memberikan jaminan bahwa air tersebut aman dikonsumsi tanpa perlu proses lebih lanjut.

    Dijelaskannya, air baku untuk KASM dialirkan melalui pipa khusus. Selanjutnya di water dispenser, air akan diproses melalui filter atau membran yang berfungsi untuk menyaring kotoran maupun bakteri. Bahkan kadar chlor juga telah diatur antara 0,1-0,5.  Jika melebihi ambang batas, aliran air akan secara otomatis terhenti.
    "Air di KSAM setara dengan air Reverse Osmosis (RO) sehingga sangat layak dikonsumsi," tegasnya.

    Kepala Dinas Perkim dan LH yang juga anggota Dewan Pengawas PDAM Kebumen, Edi Riyanto menuturkan, nantinya akan dibangun empat titik KSAM di alun-alun.
    "Untuk tahap awal baru dua, karena ijin yang keluar baru dua itu, sisanya dibangun secepatnya," ujar Edi Riyanto.

    Menurut dia, pembangunan keran air siap konsumsi itu seperti yang diinginkan oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. Untuk itu, kedepan PDAM Kebumen juga bakal memperbanyak lokasi KASM di wilayah Kota Kebumen hingga di Pasar Tumenggungan.

    Dengan bertambahnya fasilitas air minum gratis tersebut, Edi Rianto menitipkan pesan kepada warga maupun pengunjung alun-alun untuk memanfaatkan sebaik-baiknya dan tidak merusaknya.

    "Perlu diingat, ini tidak boleh untuk cuci tangan, cuci muka apalagi untuk mencuci peralatan. Mari kita jaga bersama agar tetap awet dan bermanfaat bagi masyarakat," bebernya. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top