• Berita Terkini

    Friday, December 15, 2017

    Tambaksari Jadi Desa Sadar Keselamatan Kerja

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tak ada manusia yang menginginkan kecelakaan menimpa dirinya. Namun, kecelakaan bahkan meninggal dunia bisa saja datang kapan saja. Nah, disitulah pentingnya perlindungan sebelum musibah itu datang.

    Dengan semangat itu pula, pemerintah Desa Tambaksari Kecamatan Kuwarasan berupaya melindungi warganya dengan asuransi dengan menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Cilacap . Kesepakatan itu  diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) sekaligus pencanangan Desa Tambaksari sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang digelar di halaman Balai desa setempat, Rabu (13/12/2017).

    Penandatanganan MoU dilakukan Kepala Desa Tambaksari, Sartono dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cilacap, Muslih Hikmat. Turut menyaksikan, Camat Kuwarasan Siyono, Camat Buayan Sunarno beserta Muspika, Kepala Kantor Pembantu Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kebumen, Aam Cahyono dan Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilacap, Agus Pandu Indra Putra. Juga, Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kebumen, Suhardi beserta jajarannya.

    Di kesempatan yang sama, juga diserahkan santunan kematian bagi ahli waris anggota PPDI Kebumen asal Buayan Suyaji, yang meninggal dunia.

    Sartono, di sela kegiatan menyampaikan, pihaknya sangat berterimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan. Program BPJS Ketenagakerjaan, katanya, sangat penting mengingat warga masyarakatnya banyak yang bekerja sebagai pelaku dan pekerja UMKM. "Ada 49 pelaku UMKM yang ikut BPJS Ketenagakerjaan ini juga 400 lainnya warga kami yang berprofesi sebagai petani," kata Sartono.

    Sementara itu, Muslih Hikmat menyampaikan, selama ini masyarakat lebih mengenal BPJS Kesehatan. Jadi, upaya menjalin kerja sama dengan pihak desa dalam rangka menyosialisasikan program-program BPJS Ketenagakerjaan.

    Dimana, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan program yang bertujuan melindungi masyarakat. Yakni berupa Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja penerima upah (BPPU) dan bagi pekerja bukan penerima upah (BPBPU). Adapun bentuknya, berupa jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua hingga jaminan pensiun. "Untuk di Kebumen layanan selengkapnya diberikan di kantor pembantu BPJS Ketenagakerjaan di Jl Pemuda 37 A. Syaratnya mudah," kata Muslih diamini  Aam Cahyono.

    Muslih menambahkan, Desa Tambaksari merupakan desa ketiga di Kebumen yang telah ditetapkan sebagai desa sadar keselamatan ketenagakerjaan. Dua desa lain, yakni Jatimulyo Kecamatan Alian dan Desa Sinungrejo Kecamatan Ambal. Untuk Desa Tambaksari, BPJS Ketenagakerjaan menyalurkan bantuan berupa lampu penerangan jalan umum 200 titik, pembangunan gapura dan mesin pemotong rumput. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top