• Berita Terkini

    Tuesday, December 12, 2017

    Tak Bekerja dengan Baik, Perangkap Buaya Lukulo Bakal Diperbaiki

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Meski perangkap telah dipasang selama lima di pinggir Sungai Lukulo, namun hingga kini buaya masih saja enggan masuk. Buaya memang sempat mendekat bahkan memakan umpan, namun tetap saja berada di luar jebakan.

    Sekretaris SAR Elang Perkasa Kebumen Anggit Sukmanto mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BKSDA untuk mengevaluasi mengapa perangkap tak bekerja dengan baik. Padahal, buaya telah berulang kali mendekat khususnya pada pagi hari. " Itu menunjukkan sebenarnya buaya telah terpancing untuk memakan umpan, namun tidak dapat masuk perangkap. Kemungkinan pintu masuknya terlalu sempit,” ucapnya, di sela-sela memantau jebakan, Selasa (12/12/2017).



    Jebakan berbahan bambu dibuat dan dipasang ditepi Sungai Lukulo tepatnya di Desa Ranteweingin Kecamatan Buluspesantren. Jebakan dipasang sejak Jumat (8/12/2017) silam. Adapun jebakan dibuat satu hari sebelumnya yakni Kamis (7/12).Jebakan atau perangkap dibuat menggunakan bambu. Perangkap dibuat pas dengan ukuran buaya. Selain itu di dalam perangkap juga dipasang tali penjerat. Jika buaya sampai masuk, dipastikan tidak mungkin dapat keluar.

    Anggit Sukmanto mengatakan, sebelumnya buaya sempat menyambar umpan bebek dan hanya menyisakan kakinya saja. Setelah itu pemasangan umpan 1 ekor bebek dilakukan dengan posisi di ujung sebelah dalam jebakan. Namun setelah itu buaya hanya mendekati jebakan saja.

    Sebelumnya telah diberitakan bahwa  BKSD  Jawa Tengah komitmen untuk terus berupaya melakukan penangkapan buaya yang berada di Sungai Lukulo. Hal itu dilaksanakan dengan membuat perangkap yang diletakkan di Desa Rantewringin Kecamatan Buluspesantren.  Pemasangan perangkap dilengkapi dengan umpan yakni dua ekor ikan lele dan satu ekor bebek. Diharapkan buaya dapat masuk ke dalam jebakan. Jika buaya berhasil masuk jebakan maka dipastikan tidak dapat keluar lagi. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top